Asas-Asas Hukum Internasional Beserta Penjelasannya

samhis setiawan

Sebutkan Asas-Asas Hukum Internasional Beserta Penjelasannya

GuruPendidikan.Com – Hukum Internasional merupakan bagian hukum yang dimana mengatur aktivitas entitas berskala internasional. Yang pada awalnya, hukum internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antar negara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yang semakin kompleks. Yang pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku organisasi internasional dan pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu.

Asas-Asas Hukum Internasional Beserta Penjelasannya
Hukum internasional ialah hukum bangsa-bangsa, hukum antar bangsa atau hukum antar negara. Hukum bangsa-bangsa dipergunakan untuk menunjukkan pada kebiasaan dan aturan hukum yang berlaku dalam hubungan antara raja-raja zaman dahulu. Hukum antarbangsa atau hukum antar negara menunjukkan pada kompleks kaedah dan asas yang mengatur hubungan antar anggota masyarakat bangsa-bangsa atau negara.

Untuk hal demikian ini tiap sistem hukum memiliki asas atau prinsip sebagai suatu pikiran dasar yang bersifat umum atau berlatar belakang dari peraturan hukum yang muncul. Asas yang menjadi norma dasar serta petunjuk arah pembentukan hukum.

Asas hukum terdiri dari dua yaitu asas hukum umum dan khusus. Yang dimana asas hukum umum berhubungan dengan keseluruhan bidang hukum. Dan asaa hukum khusus berlaku dalam lapangan hukum yang tertentu.

Dalam hal ini asas-asas hukum internasional ialah asas hukum khusus yang berlaku dalam lapangan hukum internasional. Asas-asas hukum internasional tersebut antara lain sebagai berikut:

Asas Teritorial

Asas teritorial didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya, asas teritorial ini menyatakan bahwa negara memiliki kewenangan untuk melaksanakan hukum bagi tiap perbuatan melanggar hukum di wilayah negara tersebut.

Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan menyatakan bahwa hukum suatu negara berlaku bagi semua warga negara dimanapun ia berada. Asas kebangsaan memiliki kekuatan ekstrateritorial, dalam artian hukum dari negara tersebut tetap berlaku warga negaranya yang berada di negara asing.

Asas Kepentingan Umum

Asas kepentingan umum menyatakan bahwa negara berwenang melindungi dan mengatur semua kepentingan warganya. Yang dalam hal ini, negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang berhubungan dengan kepentingan umum.

Asas Persamaan Derajat

Asas persamaan derajat menyatakan bahwa semua negara memiliki hak dan kewajiban sama dalam hubungan internasional. Yang hubungan antar bangsa hendaknya didasarkan pada asas negara bahwa-negara yang berhubungan ialah negara yang berdaulat. Yang hubungan antar negara ialah hubungan atas dasar persamaan derajat dan saling menguntungkan, bukan menindas satu sama lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Asas-Asas Hukum Internasional Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Asas-Asas Hukum Internasional Beserta Penjelasannya
Shares