Anatomi Hipokampus Beserta Penjelasannya

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Hipokampus merupakan struktur dalam sebuah sistem limbik pada otak dan terlihat sedikit seperti kuda laut terbalik yang menghadap ke arah depan kepala. Yang berbentuk simteris, anatomi hipokampus tercermin di kedua belahan otak, Struktur ini bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi ke talamus dan memiliki dampak pada kesadaran spasial, ingatan dan belajar.

Sebuah bagian dari sistem limbik, hipokampus terletak jauh di dalam otak. Hipokampus ini dibagi menjadi dua sisi simteris di kiri dan kanan otak. Hipokampus melilit thalamus, struktur lain dalam sistem limbik, yang ditemukan dekat dengan pusat otak. Untuk struktur di atas kedua hipokampus dan thalamus dikenal sebagai korpus kalosum.

Definisi Anatomi Hipokampus

Hipokampus ini terdiri dari beberapa struktur kunci. Di bagian bawah, yang merupakan titik terlebar disebut hipokampus proper atau kornu ammonis dan sebagian tertutup oleh bagian lain dari hipokampus yang disebut alveus.

Anatomi Hipokampus

Subikulum ialah bagian dari hipokampus yang mulai dengan lengkung tipis dan kearah atas thalamus. Di bagian atas thalamus duduk bagian dari hipokampus yang disebut dengan fimbria. Fornix ialah bagian tertipis dari hipokampus dan juga titik dimana struktur ini terhubung ke thalamus di belakang dahi.

Untuk informasi listrik dikumpulkan olen kornu ammonis, setelah informasi masuk kornu ammonis bergerak ke bagian lain dari anatomi hipokampus yang disebut pleksus koroid. Struktur ini dimulai di tengah-tengah kornu ammonis dan mengikuti spiral, yang melalui subiculum, fimbria dan fornix sepanjang jalan ke talamus.

Forniks hipokampus bergabung di bagian atas karena datang keatas thalamus. Yang kedua belah pihak menekan bersama-sama tapi kemudian memisahkan kembali untuk tersambung ke lobus kanan dan kiri thalamus. Hubungan antara kedua belah pihak dari fornix dikenal sebagai komisura hipokampus.

Hal ini berguna untuk membayangkan anatomi Hipokampus sebagai kuda laut terbalik memang untuk hal ini nama Hipokampus berasal dari bahasa Yunani untuk kuda, kuda nil dan rakasa laut, kampus.

Pada Hipokampus ialah lebar dan tebal di daerah bawah, seperti kepala kuda laut. Seperti membungkus di sekitar thalamus, itu menipis ke forniks yang terlihat mirip dengan ekor kuda laut itu. Dua lingkaran seperti “kuda laut” thalamus karena anatomi hipokampus yang simetris.

Demikianlah pembahasan mengenai Anatomi Hipokampus Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Anatomi Hipokampus Beserta Penjelasannya
Shares