9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Suku bangsa merupakan golongan sosial yang ada di masyarakat yang digunakan sebagai pembeda suatu golongan satu dengan golongan yang lainnya.

9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap

Golongan ini umumnya mempunyai ciri khasnya tersendiri yang dapat digunakan untuk membedakan golongannya diantara golongan lainnya yang berdasarkan kepada tempat dan asal usulnya serta kebudayaannya.

Suku bangsa juga dapat berarti suatu golongan manusia yang secara sadar telah terikat dengan identitas pada kesatuan kebudayaan. Suku bangsa ialah penggabungan sosial yang terbedakan berdasar golongan-golongan sosial lain di karenakan memiliki ciri mendasar dari hubungan asal usul dan tempat tinggal dan juga budaya yang ada di daerhanya.

Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli

Suku bangsa menurut para ahli mempunyai banyak argumen yang dikemukakan, argumen yang dikemukan oleh para ahli akan dijelaskan sebagai berikut:

Menurut Frederick Barth

Pengertian suku ialah berupa himpunan manusia karena adanya kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa ataupun merupakan kombinasi dari kategori yang masuk terikat pada sistem nilai budaya.

Menurut Koentjaraningrat

Suku bangsa ialah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan dalam budaya dan terikat oleh kesadarannya akan identitasnya tersebut, kesadaran dan identitas yang dimiliki biasanya di perkuat dengan kesatuan bahasa.

Menurut Hasan Shadily MA

Menurut Hasan Shadily MA memaparkan bahwa suku bangsa “etinis” ialah merupakan segolongan rakyat yang dianggap memiliki hubungan biologis.

Menurut Eriks Wolf & Fredrik Brath

Memiliki tanggapan etnisitas sebagai hasil interaksi, serta bukan sifat-sifat hakiki suatu kelompok.

Menurut Perspektif Teori Situasional

Suku merupakan suatu hasil yang terbentuk dari pengaruh yang berasal dari luar kelompok. Faktor luar yang mempengaruhi etnisitas ialah klonialisme. Kolonoialisme ialah yang memiliki kepentingan administrative pemerintah kolonial yang telah mengkotak-kotakkan warga daerah jajahan masuk kedalam kelompok-kelompok etnis dan ras. Untuk yang selanjutnya sisa dari warisan colonial itu akan terpakai hingga sekarang.

Menurut Ensiklopedia Indonesia

Suku merupakan kelompok sosial di dalam sistem sosial atau kebudayaan yang memiliki arti atau kedudukan tertentu yang di dapat karena adanya garis keturunan, adat, agama, bahasa dan lain sebagainya. Anggota pada kelompok etnik dapat memiliki kesamaan di dalam hal sejarah atau keturunan bahasa “yang sering digunakan ataupun tidak”, sistem nilai, adat istiadat dan juga tradisi.

Menurut Wikipedia

Menurut wikipedia, kelompok etnik atau etnis atau suku bangsa ialah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut seperti kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku dan ciri-ciri biologis.

Menurut Raroll

Kesatuan penduduk yang memiliki rasa identitas diantara warganya dan memiliki ikatan adat istiadat yang khas dalam kehidupannya, berlangsung terus-menerus.

Menurut KBBI

“bagian dan sebagiannya” kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Demikianlah pembahasan mengenai 9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap
Shares