Pengertian multikultural
Pengertian multikultural

9 Pengertian Multikultural Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Multikultural

Pengertian Multikultural Menurut Para Ahli– Multikultural adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pandangan seseorang tentang berbagai kehidupan di bumi, atau kebijakan yang menekankan penerimaan keragaman budaya, dan berbagai budaya nilai-nilai (multikultural) masyarakat, sistem, budaya, adat istiadat, dan politik yang mereka pegang.

Pengertian Multikultural Menurut Para Ahli

Multikultural yang berkaitan dengan budaya dan kemungkinan dibatasi oleh konsep nilai-sarat atau memiliki kepentingan tertentu.

  • J. S Furnival

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih komunitas (kelompok) yang secara kultural dan ekonomi terfragmentasi dan memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain.

  • Nasikun

Sebuah masyarakat plural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih dari tatanan sosial, masyarakat, atau kelompok yang secara kultural, ekonomi, dan politik dipisahkan (diisolasi), dan memiliki struktur kelembagaan dan berbeda satu sama lain.

  • Clifford Geertz

Sebuah masyarakat plural adalah masyarakat yang terbagi menjadi beberapa subsistem embrio itu sendiri dan terikat dalam ikatan primordial.

  • Pierre L Van den Berghe

Menunjukkan bahwa masyarakat majemuk ditandai sebagai berikut.

  1. Mengalami segmentasi ke dalam kelompok subkultur yang berbeda satu dengan yang lain.
  2. Memiliki struktur sosial dibagi menjadi lembaga nonkomplementer.
  3. Kurang mengembangkan konsensus di antara anggota bahwa nilai-nilai dasar.
  4. Relatif sering bertentangan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.
  5. Secara relatif pertumbuhan integrasi sosial pada paksaan (pemaksaan) dan saling ketergantungan di bidang ekonomi.
  6. Adanya dominasi politik oleh satu kelompok atas yang lain.

9 Pengertian Multikultural Menurut Para Ahli

loading...
  • Azyumardi Azra, (2007)

“Multikulturalisme” pada dasarnya adalah pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan ke dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan realitas pluralitas agama dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Multikulturalisme juga dapat dipahami sebagai pandangan dunia yang kemudian diwujudkan dalam kesadaran politik.

  • Parekh, 1997 yang dikutip dari Azra,( 2007)

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa jenis kumunitas budaya dengan semua manfaat, dengan sedikit perbedaan dalam konsepsi dunia, sistem makna, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat istiadat dan kebiasaan.

  • Lawrence Blum, dikutip Lubis (2006: 174)

Multikulturalisme meliputi pemahaman, apresiasi dan penilaian budaya seseorang, serta penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain.

  • (Suparlan 2002, merangkum Fay 2006, Jari dan Jary 1991, Watson 2000)

Sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesetaraan baik individu dan budaya.

  • (A. Rifai Harahap 2007, mengutip M. Atho ‘Muzhar)

Gagasan multikulturalisme, perspektif, kebijakan, sikap dan tindakan, oleh orang-orang dari negara, beragam dalam hal etnis, budaya, agama dan sebagainya, tetapi bercita-cita untuk mengembangkan semangat kebangsaan yang sama dan kebanggaan untuk membela pluralitas.

Pengertian multikultural
Pengertian multikultural

Tujuan Pendidikan Multikultural

Hasil yang diharapkan dari Pendidikan Multikultural dalam definisi pola, pembenaran, asumsi, dan pembelajaran. Ada banyak variasi dari tujuan khusus dan tujuan umum Pendidikan Multikultural digunakan oleh sekolah-sekolah sesuai dengan faktor-faktor kontekstual seperti misi dan visi di belakang sekolah, siswa, lingkungan sekolah, dan perspektif. Tujuan pendidikan multikultural dapat mencakup tiga aspek pembelajaran (kognitif, afektif, dan tindakan) dan berhubungan baik nilai intrinsik (end) dan nilai-nilai instrumental (sarana) dari Pendidikan Multikultural.

Ciri-Ciri Multikultural

  1. Segmentasi (dibagi) ke dalam kelompok.
  2. Kurang mengembangkan konsensus (kesepakatan bersama).
  3. Seringkali dalam konflik.
  4. Integrasi sosial pada pemaksaan.
  5. Dominasi (penguasaan) atas kelompok lain.

Multikultural di Indonesia

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat dengan tingkat keanekaragaman yang sangat kompleks. Masyarakat dengan berbagai keanekaragaman dikenal sebagai masyarakat multikultural.

Ketika kita mengenal masyarakat sebagai sekelompok orang yang telah hidup cukup lama dan bekerja sama sehingga mereka mampu mengorganisir diri dan menganggap dirinya sebagai entitas sosial dengan batas-batas tertentu (Linton), maka konsep masyarakat dikombinasikan dengan multikurtural telah pemahaman yang sangat luas dan mendalam diperlukan untuk memahami apa yang masyarakat multikultural.

Dapat didefinisikan sebagai keragaman multikultural atau perbedaan budaya dengan budaya lain. Sehingga masyarakat multikultural dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang tinggal dan hidup menetap di tempat yang memiliki karakteristik sendiri dan budaya yang mampu membedakan antara satu komunitas yang lain. Setiap komunitas akan menghasilkan budaya masing-masing yang akan khas untuk masyarakat.

Multikulturalisme yang pada dasarnya merupakan pandangan dunia yang kemudian diterjemahkan ke dalam kebijakan kenyataan kebudayaan– menekankan penerimaan keragaman, pluralitas dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Multikulturalisme juga bisa menjadi pandangan dunia dipahamni kemudian diwujudkan dalam “politik pengakuan” (Azyumardi Azra, 2007).

Demikian Penjelasan Tentang 9 Pengertian Multikultural Menurut Para Ahli  Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀