Definisi kelompok sosial
Definisi kelompok sosial

9 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Kelompok Sosial

9 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya– Kelompok sosial merupakan sekumpulan manusia yang mempunyai kesadaran bersama akan keanggotaan dan salaing melakukan interaksi. Kelompok dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya. Kelompok juga diciptakan atau dibuat oleh anggota msayarakat.

Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

  • Menurut George Homans

Kelompok sosial merupakan suatu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubugan dengan timbal balik.

  • Menurut Hendropuspito

Kelompok sosial merupakan suatu kumpulan nyata dan teratur dari individu yang melaksanakan perannya secara berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.

  • Menurut Willa Huky

Kelompok sosial merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi dan berinteraksi.

  • Menurut Joseph S.Roucek

Kelompok sosial merupakan suatu kelompok yang meliputi dua manusia atau lebih yang diantara mereka terdapat pola interaksi yang dapat dipahami oleh orang lain atau anggotanya dengan keseluruhan.

  • Menurut Giddens

Kelompok sosial merupakan sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur.

Definisi kelompok sosial
Definisi kelompok sosial
  • Menurut Johnson

Kelompok sosial merupakan dua orang atau lebih yang saling berinterkasi dengan cara yang terpola sebagai sebuah kelompok oleh mereka sendiri dan orang lain.

  • Menurut Mac Iver Dan Charles H.Page

Kelompok sosial sebagai   satu kesatuan atau himpunan manusia yang hidup bersama karena adanya interaksi antara mereka.

  • Menurut Robert K.Merton

Kelompok sosial merupakan sejumlah orang yang saling berinteraksi yang sesuai dengan pola yang telah mapan.

  • Menurut Soerjono Soekanto

Kelompok sosial merupakan satu kesatuan atau himpunan manusia yang saling berhubungan diantara mereka dengan adanay timbal balik dan saling memengaruhi.

Macam-Macam Kelompok Sosial Dan Contohnya

Kelompok mempunyai beragam jenis dan dibedakan bedasarkan ada atau tidaknya suatu organisasi, hubungan sosial antara kelompok. Kelompok dapat dibagi mencam emapat macam, yaitu:

  1. Kelompok statistik, yaitu kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contoh: Kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan.
  2. Kelompok kemasyarakatan, yaitu kelompk yang memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.
  3. Kelompok sosial, yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contoh: Kelompok pertemuan, kerabat.
  4. Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Contoh: Negara, sekolah.

Dikutip dari: http://www.pengertianku.net/ Dan http://www.rentarou.com/

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan. Com 😀