Pengertian informasi
Pengertian informasi

9 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Posted on

9 Pengertian informasi menurut para ahli– Informasi dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, instruksi atau pengalaman. Tetapi, istilah ini mempunyai berbagai arti bergantung pada konteksnya, dan secara global berhubungan erat dengan arti, persepsi, negentropi, pengetahuan, stimulus, kebenaran, komunikasi, rangsangan mental dan  representasi.

Pengertian Informasi

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan urutan pesan yang terdiri dari urutan simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kelompok pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda, atau sebagai sinyal gelombang. Informasi merupakan jenis atau tipe acara yang mempengaruhi keadaan sistem dinamis. Konsep ini memiliki banyak arti yang berbeda dalam konteks yang berbeda.

Dalam beberapa kasus pengetahuan tentang peristiwa atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui komunikasi, pengumpulan intelijen, atau diperoleh dari berita juga disebut informasi. Informasi dalam bentuk kumpulan data dan fakta yang sering disebut informasi statistik. Di bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang ditransmisikan, diproses atau disimpan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang diperoleh dari  pengalaman, pembelajaran, atau aliran dan instruksi.

Informasi adalah data yang telah diberikan makna melalui konteks. Misalnya, bentuk dokumen spreadsheet (seperti Microsoft Excel) sering digunakan untuk membuat informasi dari data di dalamnya. Laporan neraca dan laba rugi merupakan bentuk dari sebuah informasi, sementara angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi bermakna dan manfaat.

Etimologi

Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin yang berarti informationem ” ide, garis besar dan konsep”. Informasi merupakan sebuah kata benda yang berarti aktivitas informare di “pengetahuan yang dikomunikasikan”.

Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi kecemasan seseorang. Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan mereka.

Istilah informasi

Banyak orang menggunakan istilah “era informasi”, “masyarakat informasi,” dan teknologi informasi, dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer yang sering disorot, namun kata “informasi” sering digunakan tanpa pertimbangan hati-hati dari berbagai makna memiliki.

Pengertian informasi
Pengertian informasi

Sebagai masukan sensorik

Sering dianggap sebagai jenis informasi masukan ke dalam suatu sistem (organisme). Fungsi organisme (misalnya, makanan) atau sistem (energi) dengan sendirinya. Dalam Ekologi bukunyaSensory, Dusenbery menyebutkan masukan kausal. Input lainnya (informasi) yang penting hanya karena mereka berhubungan dengan kausal input dan dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya masukan kausal di lain waktu (atau mungkin di tempat lain).

Beberapa informasi penting karena hubungannya dengan masukan informasi lainnya harus hubungan kausal. Dalam prakteknya, informasi biasanya dilakukan oleh rangsangan yang lemah yang harus dideteksi oleh sistem sensorik khusus dan diperkuat oleh masukan energi sebelum mereka dapat berfungsi untuk sistem atau organisme. Contohnya, cahaya merupakan hasil kausal ke tanaman, namun memberikan informasi kepada hewan.

Cahaya yang dipantulkan berwarna bunga terlalu lemah untuk melakukan banyak fotosintesis kerja, tetapi sistem visual mendeteksi lebah dan lebah sistem saraf menggunakan informasi ini untuk memandu lebah untuk bunga, di mana lebah untuk menemukan nektar atau serbuk sari, yang merupakan masukan kausal, melayani fungsi nutrisi.

Sebagai representasi dan kompleksitas

Ilmu kognitif dan matematika terapan Ronaldo Vigo menemukan informasi adalah sebuah konsep relatif yang melibatkan setidaknya dua entitas terkait agar masuk akal. Ini adalah: setiap kategori dimensi didefinisikan objek S, dan setiap tindakan R. R merupakan representasi dari S, artinya, menyampaikan representasional ( karenanya, konseptual) informasi tentang S.

Vigo kemudian mendefinisikan jumlah informasi yang disampaikan RS sebagai tingkat perubahan dalam kompleksitas S setiap kali objek dalam R dihapus dari S. bawah “informasi Vigo”, pola, invarian, kompleksitas, representasi, dan universal lima ilmu pengetahuan dasar bersatu dalam informasi di bawah kerangka matematis baru, dengan kata lain, kerangka bertujuan untuk mengatasi keterbatasan informasi Shannon-Weaver ketika mencoba untuk mengkarakterisasi dan mengukur subjektif informasi.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

  • Gordon B. Davis (1991: 28), “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerima dan berguna untuk saat ini atau masa depan pengambilan keputusan”
  • Anton M. Meliono (1990: 331), “Informasi merupakan data yang dapat diproses untuk tujuan tujuan tertentu adalah untuk menghasilkan keputusan.”.
  • Lani Sidharta (1995: 28), “Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan”
  • Raymond Mc.leod Pengertian Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau berikutnya.
  • Tata Sutabri, Comm, MM  Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Jogiyanto HM, (1999: 692), “Informasi diartikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fakta) yang digunakan untuk keputusan keputusan “.
  • Abdul Kadir (2002: 31); mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
  • McFadden et al (1999), informasi sebagai data yang sudah diproses sedemikian rupa yang dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
  • Menurut George H. Bodnar, (2000: 1), “Informasi sebagai data yang dapat diolah sehingga digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat”.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Setia GuruPendidikan.Com 😀