9 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap

bitar

9 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang  Pengertian, Ciri, Dan Jenis Dongeng Beserta Contohnya Terlengkap agar melengkapi penjelasan sebelumnya disini akan mengulas tentang pengertian dongeng menurut para ahli. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

dongeng

Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

1. Wikipedia
Menurut wikipdia menyatakan bahwa Dongeng ialah suatu bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh dengan khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng adalah suatu bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan dengan secara terun-temurun dari nenek moyang. Dongeng mempunyai fungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur

2. James Danandjaja
Menurut James Danandjaja menyatakan bahwa Dongeng ialah termasuk sebuah cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh sih empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh suatu tempat ataupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur.

3.  Kamisa, 1997: 144
Menurut Kamisa menyatakan bahwa dongeng ialah suatu cerita yang dituturkan atau dituliskan yang sifatnya hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam suatu kehidupan . Dongeng adalah suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar tejadi/ fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.

4.Nurgiantoro, 2005:198
Menurut Nurgiantoro menyatakan bahwa dongeng ialah suatu cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal.

5.  Agus Triyanto 2007: 46
Menurut Agus Triyanto menyatakan bahwa dongeng ialah suatu cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi yang berfungsi untuk menyampaikan suatu ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur. Jadi, dongeng adalah salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.

6.  KBBI.web. id
Arti dongeng adalah cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yg aneh, perkataan (berita dsb) yg bukan-bukan atau tidak benar: uraian yg panjang itu dianggapnya hanya cerita belaka

7. Depdiknas (2010:1)
Menurut Depdiknas menyatakan bahwa dongeng adalah suatu cerita yang sifatnya asli atau fakta.

8. Badrun (1983:29)
Menurut Badrun menyatakan bahwa dongeng adalah suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian, dan sebuah kenyataan bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.

9. Semi (1988:29)
Menurut Semi menyatakan bahwa dongeng adalah biasanya menceritakan tentang sebuah asal mula suatu tempat atau suatu negeri, atau mengenai suatu peristiwa-peristiwa yang aneh dan menakjubkan tentang kehidupan manusia atau binatang.

Itulah ulasan tentang 9 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to 9 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap
Shares