8 Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli Beserta Tujuannya

Aris Kurniawan

Pengertian Otonomi Daerah

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli Beserata Tujuannya– Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengelola urusan dan kepentingan masyarakat lokal mereka sendiri sesuai dengan hukum. Secara harfiah, kata yang berasal dari otonomi daerah dan otonomi daerah.

Dalam bahasa Yunani, otonomi berasal dari kata autos dan namos. Autos berarti sendiri dan namos berarti aturan atau hukum, sehingga dapat diartikan sebagai kewenangan untuk mengatur diri sendiri atau otoritas untuk membuat peraturan untuk mengelola rumah tangganya sendiri. Sementara wilayah adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas.

Selain pelaksanaan otonomi daerah dengan mengacu pada hukum, serta pelaksanaan tuntutan globalisasi harus diberdayakan dengan memberikan otoritas lokal yang lebih luas, lebih realistis dan bertanggung jawab, terutama dalam mengelola, memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi di masing-masing daerah.

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

  • Vincent Lemius

Otonomi daerah adalah kebebasan (otoritas) untuk mengambil atau membuat keputusan politik dan administrasi sesuai dengan hukum. Dalam otonomi daerah ada kebebasan yang dimiliki oleh pemerintah daerah untuk menentukan apa kebutuhan daerah, tapi daerah yang perlu terus-menerus disesuaikan dengan kepentingan nasional sebagaimana diatur dalam undang-undang yang lebih tinggi “

  • Syarif Saleh

Otonomi daerah adalah hak untuk mengatur dan memerintah daerah mereka sendiri di mana hak-hak ini adalah hak yang diperoleh dari pemerintah pusat.

  • Benyamin Hoesein

Otonomi daerah adalah pemerintahan oleh dan untuk rakyat di wilayah nasional suatu Negara secara informal berada di luar pemerintah pusat.

  • Ateng Syarifuddin

Otonomi daerah adalah kebebasan atau otonomi tapi tidak kemerdekaan tetapi kebebasan yang terbatas atau kemerdekaan diwujudkan memberikan kesempatan yang harus dipertanggungjawabkan.

  • Mariun

Otonomi daerah adalah kebebasan (otoritas), yang dimiliki oleh pemerintah daerah yang memungkinkan mereka untuk menciptakan inisiatif mereka sendiri untuk mengelola dan mengoptimalkan sumber daya alam dan Manusia yang dimiliki oleh negara itu sendiri. Otonomi daerah adalah kebebasan untuk bertindak sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Otonomi daerah

Otonomi daerah

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Definisi otonomi daerah di bawah kamus besar Bahasa Indonesia adalah hak, wewenang dan tugas untuk mengatur dan mengelola rumah tangga mereka sendiri dengan undang-undang yang berlaku.

  • F. Sugeng Istianto

Otonomi daerah adalah hak dan kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangga daerah.

  • Philip Mahwood

Otonomi daerah adalah bahwa pemerintah daerah memiliki mereka sendiri di mana keberadaan otoritas terpisah dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah untuk mengalokasikan sumber besar bahan tentang fungsi yang berbeda.

Dasar Hukum Otonomi Daerah

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Ketetapan MPR RI Nomor XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah, Pengaturan, pembagian, dan Pemanfaatan Sumber Daya Nasional yg Berkeadilan, serta perimbangan keuangan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKRI.
  3. Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/2000 tentang Rekomendasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah.
  4. UU No. 31 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
  5. UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Tujuan Otonomi Daerah

Adapun tujuan pemberian otonomi daerah adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan pelayanan publik yang semakin baik.
  2. Pengembangan kehidupan demokrasi.
  3. Peradilan nasional.
  4. Wilayah yang adil.
  5. Pemeliharaan hubungan yang harmonis antara pusat dan daerah serta antar daerah dalam integritas urutan Republik.
  6. Mendorong pemberdayaan masyarakat.
  7. Foster inisiatif dan kreativitas, peningkatan partisipasi masyarakat, mengembangkan peran dan fungsi Dewan Perwakilan Daerah.

Secara konseptual, Indonesia didasarkan pada tujuan tiga utama yang meliputi: tujuan politik, tujuan administratif dan tujuan ekonomi. Hal ini diwujudkan melalui tujuan politik dalam pelaksanaan otonomi daerah adalah upaya untuk mewujudkan demokratisasi politik melalui partai politik dan Dewan Perwakilan Daerah.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Perwujudan tujuan administratif yang ingin dicapai melalui pelaksanaan otonomi daerah adalah tugas fungsional antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk sumber daya keuangan, serta pembaharuan birokrasi dalam pengelolaan pemerintah daerah. Sedangkan tujuan ekonomi yang ingin dicapai dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia adalah realisasi dari peningkatan indeks pembangunan manusia sebagai indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Demikian Penjelasan Tentang 8 Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli Beserata Tujuannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 8 Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli Beserta Tujuannya
Shares