8 Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli Lengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Lirik lagu merupakan susunan/rangkaian kata yang bernada, lirik lagu memang tidak semudah menyusun karangan, namun dapat diperoleh dari berbagai inspirasi. Inspirasi itu sendiri dapat diperoleh dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

8 Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli Lengkap

Seumpama pengalaman saat kita jatuh cintah, sedih dan bahagia. Lirik lagu sebenarnya dapat muncul setiap saat ketika kita memikirkan sesuatu hal, hanya saja apa yang kita pikirkan itu tidak diiringi dengan nada atau irama.

Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian lirik lagu menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Awe “2003, p.51”

Seperti permainan vokal gaya bahasa dan penyimpangan makna kata merupakan permainan bahasa dalam menciptakan lirik lagu. Selain itu juga notasi musik dan melodi yang disesuaikan dengan lirik digunakan untuk memperkuat lirik, yang sehingga pendengar semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya.

Menurut Jan Van Luxemburg “1989”

Definisi lirik atau syair lagu dapat dianggap sebagai puisi begitu pula sebaliknya dan sesuai, seperti definisi teks-teks puisi tidak hanya mencukup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat iklan, pepatah, semboyan, doa-doa dan syair lagu pop.

Menurut Rchmat Djoko Pradopo “1990”

Harus diketahui apa yang dimaksud dengan puisi bila definisi lirik lagu dianggap sama dengan puisi. Puisi menurutnya merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan diubah dalam wujud yang berkesan.

Menurut Herman J. Waluyo “1987”

Mengatakan puisi ialah bentuk karya sastra yang mengungkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa pada struktur fisik dan struktur batinya.

Menurut Awe “2003, p.49”

Mkaudnya bahasa yang digunakan harus dibedakan dengan bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa ilmiah dan bahasa yang digunakan penuh ambiguitas dan memiliki segi ekspresif yang justru dihindari oleh ragam bahasa ilmiah dan bahasa sehari-hari.

Menurut Wellek & Warren “1989 p. 14-15”

Karena sifat yang ambigu dan penuh ekspresi ini menyebabkan bahasa sastra cenderung untuk mempengaruhi, membujuk dan pada akhirnya mengubah sikap pembaca.

Bubungan antara unsur musik dengan unsur syair atau lirik lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi massa dari lagu yang terbentuk dan lagu oleh kumunikator kepada komunikan dalam jumlah yang besar melalui media massa berfungsi sebagai media penyampaian.

Dengan melalui lirik lagu yang berupa pesan maupun lisan dan kalimat-kalimat berfungsi untuk menciptakan suasana serta gambaran imajinasi kepada pendengar dan menciptakan makna yang beragam. Fungsi dari lagu sebagai media komunikasi seperti bersimpati tentang realitas dan cerita imajinatif.

Sedangkan fungsi lagu dapat digunakan untuk pengobar semangat seperti pada masa perjuangan, menyatukan perbedaan, mempermainkan emosi dan perasaan seseorang dengan tujuan menanamkan sikap atau nilai yang kemudian dapat dirasakan orang sebagai hal yang wajar, benar dan tepat.

Dengan demikian kata yang digunakan alam lirik lagu tidak seperti bahasa sehari-hari dan memiliki sifat yang ambigu, yang sehingga untuk menemukan makna pada lirik lagu dengan metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem tanda. Bagaimana tanda itu diartikan selain dipengaruhi oleh budaya dan persepsi dan bagaimana tanda memaknai keadaan sekitar.

Menurut Littlejohn “1996 p.64”

Tanda atau sign menurutnya merupakan basis dari seluruh komunikasi.

Menurut Kurniawan “2001 p.53”

Sedangkan yang disebut tanda dapat berupa gambar atau tulisan.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 8 Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli Lengkap
Shares