Pengertian Guru
Pengertian Guru

8 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan

Posted on

Pengertian Guru

Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan– Guru adalah seseorang pengajar ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

  • Menurut Purwanto (1997:138)

Orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di lingkungan sekolah adalah guru.

  • Husnul Chotimah (2008)

Mereka yang memfasilitasi transisi dari pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.

  • Dri Atmaka (2004:17)

Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada siswa dalam pengembangan baik fisik dan spiritual.

  • E. Mulyasa (2003:53)

Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

  • Ahmadi (1977:109)

Pendidik adalah sebagai mengawasi peran dalam melaksanakan proses pembelajaran.

  • Drs. Moh. Uzer Usman (1996:15)

Guru adalah tugas semua orang dan otoritas dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan formal.

  • Menurut Noor Jamaluddin (1978:1)

Guru adalah pendidik, orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan atau bantuan kepada siswa dalam pengembangan tubuh dan jiwa untuk mencapai kematangan, mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai khalifah Allah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang mampu berdiri sendiri.

  • Menurut Wikipedia

Pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Dikutip dari: http://www.trigonalmedia.com/

Pengertian Guru
Pengertian Guru

Arti umum

Guru adalah pendidik dan guru di sekolah-sekolah pendidikan anak usia dini atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru seperti ini harus memiliki beberapa jenis kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Arti khusus

Dalam agama Hindu, guru merupakan simbol bagi sebuah kuil yang berisi pengetahuan dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah panduan spiritual atau kejiwaan siswa.

Dalam agama Buddha, guru adalah orang yang membimbing murid-muridnya di jalan kebenaran. Guru siswa memandang gurunya sebagai titisan Buddha atau Bodhisattva.

Dalam agama Sikh, guru memiliki arti yang sama seperti Hindu dan Budha, namun posisinya lebih penting karena salah satu inti ajaran agama Sikh adalah keyakinan dalam ajaran sepuluh guru Sikh. Hanya ada sepuluh guru dalam agama Sikh. Guru pertama, Guru Nanak Dev adalah pendiri agama ini.

Orang India, Cina, Mesir, menerima instruksi dari seorang guru yang merupakan imam atau nabi. Oleh karena itu, seorang guru dan sangat dihormati terkenal di masyarakat serta untuk mempertimbangkan guru sebagai panduan untuk keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.

Guru di Indonesia

Secara formal, guru adalah seorang guru di sebuah sekolah swasta atau publik yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang minimal Status gelar pendidikan formal, dan sudah memiliki ketentuan hukum yang berlaku sebagai guru di bawah hukum yang berlaku guru dan dosen di Indonesia.

Guru tetap

Guru yang telah memiliki status yang minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan untuk sekolah tertentu sebagai lembaga induknya. Sebagai seorang guru di sebuah sekolah swasta, guru dinyatakan guru tetap jika Anda sudah memiliki wewenang untuk mengajar atas dasar tertentu tetap khusus diakreditasi oleh otoritas pemerintah di Indonesia.

Guru honorer

Guru sementara memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan pelajaran per jam dibayar. Seringkali mereka dibayar secara sukarela, dan bahkan di bawah upah minimum telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering tampak jauh berbeda dari guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil sebagai guru penuh waktu.

Ini sebenarnya sangat menyalahi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan, setengah pengangguran status mereka. Secara umum, mereka secara sukarela bagi calon Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh honorarium, atau sebagai wali kesempatan untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil formasi umum.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Di Indonesia, sering terjadi kehormatan siluman. Mereka dianggap tak terlihat karena bernama calon Pegawai Negeri Sipil dengan prosedur hukum. Hal ini disebabkan masa kerja rekayasa sebagai suatu kehormatan, dan bidang kerja mereka sebagai suatu kehormatan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki. Bahkan, ada keputusan bergantung pada orang-orang yang tidak memiliki otoritas yang benar dan tepat di bawah undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Demikian Penjelasan Tentang 8 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀