Pengertian Definisi dan contohnya
Pengertian Definisi dan contohnya

8 Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Teknik Menyusun Definisi Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Definisi

Pengertian, ciri, klasifikasi dan teknik menyusun definisi dan contohnya– Definisi merupakan pembatasan atau makna, dapat diartikan juga sebagai kata-kata, kalimat tau kalimat yang mengungkapkan sebuah makna, karakteristik atau penjelasan utama dari orang, kegiatan proses atau objek. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi merupakan definisi dari ruang lingkup dan karakteristik konsep yang diartikan sengai studi atau subjek.

Selain itu, definisi ini juga merupakan deskripsi fungsi membatasi objek akal, konsep, dan negara berdasarkan waktu dan tempat penilaian. Definisi ilmuwan untuk mencoba membatasi konsep dan fakta.

Ciri-Ciri Definisi

Arti kata tidak bisa langsung disebut sebagai definisi, sebab definisi mempunyai karakteristik tertentu. Signifikansi / arti kata dapat diartikan sebagai unsur definisi sebuah kata atau istilah yang didefinisikan, atau yang biasa disebut definiendum. Pilihan kata yang mana definisikan diawali dengan kata benda, mendahului kata sana. Misalnya kalimat Cinta adalah perasaan setia, bangga, dan mahasiswa yang bersangkutan dan kalimat adalah seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

Yang kedua, dimulai dengan penambahan definiens misalnya kata benda atau kata kerja yang mendahului kata. Misalnya Setia yaitu merasa terdorong untuk mengakui, memahami, menerima, menghargai, menghormati, mematuhi, dan melestarikan. Kemudian, definiens juga diperlukan untuk memberikan definisi seperti kata atau manifestasi dimulai, sebagai ungkapan cinta adalah tindakan terpuji untuk mengakhiri konflik.

Yang kedua adalah bahwa definiens adalah sinonim yang mendahului kata. Misalnya Pria adalah laki-laki.

Pengertian Definisi dan contohnya
Pengertian Definisi dan contohnya

Klasifikasi Definisi

Definisi dapat dibedakan menjadi: definisi formal, definisi personal, definisi luas, definisi kerja atau definisi operasional dan definisi nominal.

  • Definisi Formal

Definisi formal disebut juga definisi terminologis, yaitu definisi yang didasarkan pada logika formal yang terdiri dari tiga elemen. Struktur definisi ini dari “kelas” dan “diskriminasi” (diferensiasi). Kedua elemen harus muncul dalam definisi. Struktur formal dimulai dengan klarifikasi, diikuti dengan menentukan kata yang akan digunakan definiendium, dan berakhir dengan menyebutkan kata-kata atau deskripsi pembeda.

Pembeda harus lengkap dan menyeluruh sehingga benar-benar menunjukkan rasa yang sangat khas dan membedakan pengertian dari kelas lain. Contoh kalimat merupakan definisi formal yaitu siswa adalah mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

  • Definisi Operasional

Definisi operasional, definisi yang digunakan sebagai pedoman untuk melakukan suatu pekerjaan atau kegitan, misalnya penelitian. Oleh karena itu, definisi ini juga disebut definisi kerja yang dipakai sebagai pedoman untuk melakukan investigasi tertentu. Juga disebut definisi subyektif definisi ini didasarkan pada keinginan untuk orang-orang yang akan melakukan pekerjaan.

  • Definisi Luas

Apakah definisi yang luas yang mencakup setidaknya satu paragraf. Definisi ini diperlukan dalam konsep kompleks yang tidak dapat dijelaskan dengan kalimat yang pendek.

Karakteristik berada dalam definisi hanya berisi satu ide definiendium, tidak menggunakan kata kiasan, setiap kata kebenaran dapat dibuktikan atau diukur, dan dipakai untuk penalaran yang jelas.

  • Definisi Paradigmatis

Paradigmatik definisi/tujuan pribadi untuk mempengaruhi pola pemikiran orang lain. Jenis definisi didasarkan pada pendapatan dari nilai-nilai tertentu.

Ada empat karakteristik dari definisi paradigmatik, yaitu; disusun berdasarkan paradigma (pola pikir) nilai-nila tertentu, berfungsi untuk mempengaruhi sikap, perilaku, atau tindakan orang lain, bertujuan untuk mengubah sikap pembaca sesuai dengan definisi, berkaitan dengan nilai-nilai tertentu, seperti: bisnis, etika, budaya, ajaran, filosofi, tradisi, adat istiadat, cara hidup.

  • Definisi Nominal

Definisi nominal bentuk pendek dalam pemahaman. Definisi pada jenis ini dibagi menjadi tiga jenis. Pertama, sinonim atau setara, seperti kata manusia yang identik dengan kata orang, laki-kali jika kemudian hasilnya ditulis adalah manusia. Selanjutnya terkait dengan terjemahan dari bahasa lain, misalnya, kinerja. Asal-usul kata dalam definisi nominal juga penting, misalnya: Psikologi berasal dari kata jiwa” berarti hidup dan logos” yang berarti ilmu, psikologi adalah ilmu jiwa.

Tehnik-Tehnik Menyusun Definisi

Tehnik-tehnik menyusun definisi bisa dikualifikasikan berdasarkan dua macam arti, yakni arti intensional dan arti ekstensional.

  • Definisi Ekstensional atau Denotatif

Dengan menunjukkan kelas ditunjukkan oleh definiendium, definisi ekstensional dapat mendefinisikan arti dari sebuah kata. Setidaknya ada tiga cara untuk menunjukkan anggota kelas, untuk merujuk kepada mereka, penamaan mereka secara individu, penamaan mereka sesuai dengan kelompok. Misalnya kalimat ini dan ini adalah kursi dan this- Anda menunjuk ke arah sejumlah kursi satu per satu.

  • Definisi Intensional

Definisi A untuk menentukan arti dari sebuah kata dengan menunjukkan kualitas atau karakteristik yang terkandung dalam kata. Sebagai Ice contoh kalimat adalah air beku.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Teknik Menyusun Definisi Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Setia GuruPendidikan.Com 😀