8 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Terlengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Bakat merupakan suatu kemampuan yang telah di miliki oleh setiap manusia untuk mempelajari sesuatu dengan sangat cepat dalam waktu yang pendek dibandingkan dengan orang lain dan memiliki hasil yang lebih baik pula. Bakat telah dimiliki oleh setiap manusia dia lahir ke dunia ini. Bakat yang dimiliki oleh seseorang beragam ada yang pintar dalam hal seperti melukis, bernyanyi, menarui dan lain sebagainya.

8 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Terlengkap

Manusia yang terlahir ke dunia ini memiliki tiangkah dan sikap yang berbeda-beda, tingkah dan sifat tersebut terkadang membuat orang lain berdecak kagum. Tingkah dan sikap tersebut berbeda di setiap orangnya ada yang memiliki sifat pendiam, periang dan sebagainya. Ada sebagian kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan bahkan dengan sempurna di lakukan oleh orang tertentu.

Dalam melakukan aktivitas atau tugas tertentu seseorang bisa melakukannya dengan sempurna dan ada yang menyebutnya berbakat. Nah untuk dapat lebih memahami atau mengerti mengenai apa itu bakat akan kami jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

Bakat dalam hal ini memiliki artian yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya simak saja pengertian bakat menurut beberapa para ahli, yang diantaranya yaitu:

Menurut William B. Michael “Suryabrata 1995”

Bakat merupakan kapasitas pada diri seseorang di dalam melakukan tugasnya dan melakukan dengan pengaruh dari latihan yang dijalaninya.

Menurut Crow dan crow “1989”

Bakat merupakan kualitas dalam diri manusia yang memiliki tingkatan beragam dan berbeda.

Menurut Brigham “Suryabrata 1995”

Bakat merupakan suatu titik berat yang telah di miliki oleh setiap individu yang telah di dapatkan dari latihan dari segi kinerja atau performanya.

Menurut Woodworth & Marquis “Surabaya 1995”

Bakat merupakan prestasi yang telah dapat di ramalkan dan selain diramalkan dapat juga di ukur dengan melakukan tes khusus, ability pada di diri manusia di sebut dengan bakat.

Menurut Guildford “Suryabrata 1995”

Bakat memiliki corak yang berbeda ketika di jabarkannya, bakat merupakan suatu keahlian yang dimiliki oleh manusia di dalam bidang perseptual, dimensi, intelektual dan bidang dimensi psikomotor.

Menurut Utami Munandar “1987”

Bahwa bakat dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan, sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud.

Menurut Sarwono “1986”

Dikemukakan bahwa bakat ialah kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya dengan suatu latihan khusus mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Menurut KBBI

Bakat merupakan dasar “kepandaian, sifat dan pembawaan” yang dibawa sejak lahir.

Jenis-Jenis Bakat

Bakat memiliki jensi yang antaranya yaitu:

Bakat Umum

Bakat umum merupakan suatu bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh semua orang secara umum.

Bakat Khusus

Bakat khusus merupakan suatu bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh sebagian orang dan khusus seperti olahraga, seni dan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 8 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Terlengkap
Shares