Pengertian sejarah
Pengertian sejarah

70 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Posted on

70 Pengertian sejarah menurut para ahli– Sejarah juga dapat merujuk pada bidang akademik yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan kejadian masa lalu, dan untuk obyektif Tentukan pola sebab dan akibat yang Menentukan Mereka. Sejarawan kadang-kadang memperdebatkan sifat sejarah dan kegunaannya untuk membahas studi tentang sejarah ilmu pengetahuan sebagai tujuan itu sendiri dan sebagai cara untuk memberikan “pandangan” tentang masalah hari ini.

Pengertian Sejarah

Sejarah (Yunani: ἱστορία, historia, yang berarti “penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian”) adalah studi tentang masa lalu, particularly bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam babad Indonesia sejarah, saga, sejarah, atau legenda dapat diartikan sebagai peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu atau asal (keturunan) silsilah, khususnya untuk raja-raja yang memerintah.

Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta organisasi, penemuan dan penyajian informasi mengenai acara ini. Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tapi sering Umumnya didefinisikan sebagai sejarah manusia. Ulama yang menulis tentang sejarah yang disebut sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis adalah Prasejarah.

Herodotus, abad ke-5 SM Sejarawan Yunani di masyarakat Barat dianggap sebagai “bapak sejarah”, dan, bersama-sama dengan Thucydides kontemporer, membantu membentuk dasar untuk studi modern sejarah manusia. Cerita secara global dalam suatu budaya tertentu, tetapi tidak didukung oleh pihak luar (seperti cerita tentang Raja Arthur) biasanya diklasifikasikan sebagai warisan budaya atau legenda, karena mereka tidak mendukung “penyelidikan tertarik” diperlukan dari disiplin sejarah.

Kiprah mereka terus dibaca hari ini dan kesenjangan antara budaya militer Herodotus dan Thucydides didedikasikan tetap menjadi titik pertikaian atau pendekatan dalam penulisan sejarah modern. Dalam tradisi Timur, sejarah negara Chun Qiu diketahui dikompilasi mulai sejak 722 SM Meskipun teks-teks abad ke-2 SM selamat.

Studi modern sejarah Mulai menyebar, dan termasuk studi tentang daerah-daerah tertentu dan studi elemen topikal atau tematik tertentu dalam mempelajari sejarah. Sejarah seringkali diajarkan sebagai bagian dari pendidikan dasar dan menengah, dan studi akademis sejarah adalah ilmu penelitian utama di Universitas.

Pengertian sejarah
Pengertian sejarah

Pengertian sejarah menurut para ahli

  • J.V. Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah berpikir, berkata, dan dilakukan oleh manusia.

loading...
  • W.H. Walsh

Sejarah berfokus pada rekaman yang berarti dan penting bagi manusia. Catatan yang meliputi tindakan dan pengalaman manusia di masa lalu mengenai hal-hal penting untuk cerita bermakna.

  • Patrick Gardiner

Sejarah adalah studi tentang apa yang telah dilakukan oleh manusia.

  • Ruslan Abdulgani

Sejarah ilmu pengetahuan adalah cabang ilmu yang sistematis memeriksa dan menyelidiki pembangunan secara keseluruhan masyarakat dan kemanusiaan di masa lalu serta kejadian dengan maksud untuk kemudian kritis menilai semua hasil penelitian, untuk lebih melayani pedoman treasury untuk penilaian dan penentuan arah negara dan masa depan saat ini.

  • Moh. Yamin

Sejarah sebagai ilmu berdasarkan hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan realitas material.

  • Ibnu Khaldun (1332-1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan peradaban manusia atau masyarakat manusia yang terjadi pada karakter / sifat masyarakat itu.

  • R. Moh. Ali

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Sejarah Indonesia, memperkuat rasa sejarah sebagai berikut:

  • Jumlah perubahan, kejadian atau peristiwa dalam realitas di sekitar kita.
  • Cerita perubahan, peristiwa, atau kejadian dalam realitas di sekitar kita.
  • Tugas ilmu untuk menyelidiki perubahan, peristiwa, atau kejadian dalam realitas di sekitar kita.

Dari atas, membuat beberapa kesimpulan sederhana bahwa sejarah adalah studi tentang semua kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dalam kehidupan seluruh umat manusia.

Catatan sejarah

Sejarawan mendapatkan informasi tentang masa lalu dari berbagai sumber, seperti ditulis atau dicetak catatan, mata uang atau benda bersejarah lainnya, bangunan dan monumen, serta dari wawancara (Sering Disebut sebagai “sejarah narasi”, atau sejarah lisan dalam bahasa Inggris).

Untuk sejarah modern, sumber-sumber utama informasi sejarah adalah: foto, gambar bergerak (misalnya, film), audio, dan rekaman video. Tidak semua ulasan tentang sumber-sumber ini dapat digunakan untuk penelitian sejarah, karena tergantung pada periodeyang diinginkannya diselidiki atau dipelajari. Penelitian sejarah juga bergantung pada historiografi, atau perspektif sejarah, berbeda satu sama lain.

Sejarah dan Prasejarah

Di masa lalu, studi sejarah terbatas pada studi tentang catatan tertulis atau sejarah mengatakan. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah profesional akademik serta pembentukan cabang baru ilmu pengetahuan di abad ke-19 dan 20, ada juga informasi sejarah baru. Arkeologi, antropologi, dan cabang-cabang lain dari ilmu-ilmu sosial terus memberikan informasi baru, serta menawarkan teori-teori baru tentang sejarah manusia.

Banyak sejarawan bertanya: Apakah cabang ilmu pengetahuan, termasuk ilmu sejarah, karena penelitian ini tidak dilakukan semata-mata pada catatan tertulis? Sebuah item istilah baru, yaitu nirleka, menyatakan. Istilah “prasejarah” digunakan untuk mengelompokkan cabang ilmu pengetahuan yang meneliti periode sebelum ditemukannya catatan sejarah tertulis.

Metode penelitian sejarah

Memimpin sejarawan yang membantu mengembangkan metode sejarah, antara lain: Leopold von Ranke, Namier Lewis Bernstein, Rudolf Geoffrey Elton, GM Trevelyan, dan AJP Taylor. Pada tahun 1960, sejarawan Mulai meninggalkan narasi sejarah yang bersifat epik nasionalistik, dan memilih untuk menggunakan narasi kronologis yang lebih realistis.

Sejarawan dari metode kuantitatif Diperkenalkan sejarah Perancis. Metode ini menggunakan sejumlah besar data dan informasi untuk mengeksplorasi kehidupan orang-orang dalam sejarah.

Sejarawan Amerika, usia terutama terinspirasi Ulasan dan gerakan hak-hak sipil, berusaha untuk mendapatkan kelompok lebih terlibat etnis, suku, ras, dan kelompok-kelompok sosial dalam studi sejarah dan ekonomi.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca Setia GuruPendidikan.Com 😀