7 Sistem Pernafasan Manusia Dan Fungsinya Secara Lengkap

Aris Kurniawan

7 Sistem pernafasan manusia dan fungsinya secara lengkap– Di bawah ini merupakan penjabaran dari sistem pernafasan pada manusia sebagai alat untuk pertukaran gas yang membawa udara masuk ke dalam paru-paru manusia.

Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan (sistem respirasi) merupakan sistem organ yang dipakai sebagai pertukaran gas. Sistem pernapasan pada umumnya termasuk saluran yang dipakai untuk membawa udara masuk ke dalam paru-paru, di mana disana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Bahkan pohon pun memiliki sistem pernapasan.

Pernapasan Dada

Pernapasan dada merupakan pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanismenya dapat dibedakan seperti dibawah ini.

1. Tahap inspirasi

Tahap ini dimulai dengan berkontraksinya otot antartulang mengangkat tulang rusuk sehingga rongga dada  diperbesar, sebagai akibat dari tekanan di rongga dada menjadi lebih kecil dari tekanan luar sehingga udara kaya oksigen di luar masuk.

2. Tahap ekspirasi

Tahap ini adalah tahap relaksasi atau menarik otot antara tulang rusuk ke belakang diikuti dengan penurunan rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Akibatnya, tekanan di rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan luar, sehingga udara di rongga dada kaya karbon dioksida keluar.

Pernapasan Perut

Pernapasan perut melibatkan otot-otot pernapasan diafragma. Mekanisme ini dapat dibedakan sebagai berikut.

1. Tahap inspirasi

Tahap ini dalam bentuk berelaksasinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibat dari tekanan di rongga dada menjadi lebih kecil dari tekanan luar sehingga udara kaya oksigen di luar pintu masuk.

2. Tahap ekspirasi

Tahap ini merupakan tahap kontraksi otot diaframa atau kembali ke posisi semula, diikuti dengan penurunan rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Akibatnya, tekanan di rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan luar, sehingga udara di rongga dada kaya karbon dioksida keluar.

Sistem Pernafasan pada manusia

Sistem Pernafasan pada manusia

Sistem Pernapasan Atas

Saluran pernapasan atas dibawa pada bagian-bagian tersebut pada saluran pernapasan:

1. Hidung

Hidung merupakan awal dan akhir dari udara memasuki paru-paru. Rongga hidung dapat menyaring udara yang masuk karena ada semacam rambut halus, melembabkan udara karena ada lendir, dan menghangatkan udara karena ada turbinate.

2. Faring

Faring saluran bercabang, yaitu esofagus (saluran pencernaan) dan tenggorokan (saluran napas). Fungsi faring untuk mengatur makanan yang tidak masuk ke tenggorokan.

3. Laring

Laring merupakan akhir dari tenggorokan terdiri dari tulang rawan. Tulang rawan inilah yang membentuk jakun. Di atasnya ada epiglotis yang bekerja untuk mencegah makanan dan minuman ke dalam tenggorokan. Dalam membran suara laring juga memungkinkan kita untuk berbicara.

Infeksi saluran pernapasan atas adalah salah satu infeksi yang paling umum terjadi pada dunia. Hidung adalah di mana ia mulai proses pernapasan. Di hidung ada rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung sehingga udara tidak kotor dan bersih.

Ada tenggorokan, di tenggorokan ada katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernapasan. Batang tenggorokan  kemudian terbagi menjadi dua, yang disebut bronchioles. Bronkiolus berakhir paru alveolar atau gelembung. Dan bronkus, fungsi bronkial sebagai saluran udara ke paru-paru. Di paru-paru, bronkus berkembang menjadi lebih.

Alveoli paru-paru atau gelembung bertukar oksigen dan karbon dioksida terjadi. Alveolar sangat mudah robek karena terdiri dari pembuluh darah.

 

Demikian Penjelasan Tentang 7 Sistem Pernafasan Manusia Dan Fungsinya Secara Lengkap Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 7 Sistem Pernafasan Manusia Dan Fungsinya Secara Lengkap
Shares