7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Terbaru

Aris Kurniawan

Populasi (Biologi)

7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli– Dalam biologi, populasi adalah sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi antara mereka sendiri. Konsep ini banyak digunakan dalam ekologi populasi dan genetika. Ekologi menganggap penduduk sebagai unsur dari sistem yang lebih luas. Populasi spesies merupakan bagian dari masyarakat.

Selain itu, evolusi juga bekerja melalui populasi. Genetika, di sisi lain, melihat penduduk sebagai sarana atau tempat untuk pertukaran yang dimiliki oleh masing-masing anggota. Dinamika frekuensi alel dalam suatu populasi merupakan perhatian utama dalam studi genetika populasi.

Populasi (Statistika)

Dalam statistik, populasi adalah kumpulan data yang memiliki karakteristik yang sama dan menjadi objek inferensi,

Inferensi statistik didasarkan pada dua konsep dasar, data penduduk secara keseluruhan, baik nyata atau imajinasi dan sampel, sebagai bagian dari populasi yang digunakan untuk membuat kesimpulan (pendekatan / penggambaran) dari populasi di mana ia berasal. Sampel dianggap mewakili populasi. Sampel diambil dari populasi tidak dapat digunakan untuk mewakili populasi lain.

Sensus dilakukan untuk mendapatkan karakteristik populasi nyata. Karakteristik yang dimiliki oleh parameter populasi disebut. Untuk beberapa karakteristik dari sampel (disebut statistik), nilai parameter adalah nilai harapan (nilai yang diharapkan).

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Populasi Menurut Para Ahli

  • Hadari Nawawi (1983)

Menurutnya populasi adalah seluruh objek dari penelitian yang terdiri dari manusia, hewan, benda, tanaman, peristiwa, gejala, atau nilai tes sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam sebuah penelitian yang dilakukan.

  • Suharsimi Arikunto

Populasi didefinisikan sebagai seluruh subjek atau objek penelitian. Jika peneliti ingin meneliti semua elemen yang ada di daerah penelitian, populasi penelitian ini.

  • Ismiyanto

Menunjukkan populasi secara keseluruhan subjek atau apakah totalitas subjek penelitian, objek, atau sesuatu di dalamnya dapat diperoleh dari data informasi dalam penelitian ini.

  • Margono (2004)

Populasi adalah semua data yang menjadi pusat perhatian para peneliti dalam lingkup dan waktu. Data terkait populasi. Jika ada orang yang memberikan data, ukuran atau populasi akan sama dengan jumlah laki-laki.

  • Furchan (2004)

Menjelaskan bahwa populasi adalah objek, seluruh kelompok orang, atau peristiwa yang telah dirumuskan oleh para peneliti jelas.

  • Nazir (2005)

Menunjukkan bahwa populasi adalah kumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang telah ditetapkan oleh peneliti. Karakteristik atau kualitas yang dinamakan sebagai variabel. Ia membagi penduduk menjadi dua populasi terbatas dan tidak terbatas.

  • Sugiyono (2008)

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri para subjek atau objek yang memiliki karakter dan kualitas tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk mempelajari kesimpulan nanti.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Terbaru
Shares