Pengertian negara hukum
Pengertian negara hukum

7 Pengertian Negara Hukum Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Negara Hukum

Pengertian negara hukum menurut para ahli– Negara Hukum bertumpu pada keyakinan bahwa kekuasaan negara harus dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik. Ada dua elemen dalam negara hukum, yaitu pertama: hubungan antara set dan diatur tidak dengan kekerasan, tetapi dengan norma-norma objektivitas, yang juga mengikat partai yang berkuasa; Yang kedua: norma objektif yang harus memenuhi syarat tidak hanya secara formal, tetapi dapat dipertahankan untuk menangani gagasan hukum.

Pengertian Negara Hukum Menurut Para Ahli

Prof. R. Djokosutomo, SH, UU 45 dalam Konstitusi yang telah kita pelajari sejauh menjelaskan bahwa hukum negara adalah aturan hukum. Menyatakan dirinya sebagai subjek hukum juga dapat dituntut untuk melanggar hukum.

Prof. Dr. Ismail Suny, SH., M. CL, Di brosur nya “Mekanisme Demokrasi Pancasila” mengatakan bahwa negara hukum Indonesia mencakup unsur-unsur berikut:

  • Menegakkan hukum
  • Pembagian kekuasaan
  • Perlinduungan keberadaan hak asasi manusia dan untuk membela obat prosedural
  • Hal ini dimungkinkan untuk administrasi peradilan

Aristoteles, Negara-negara yang berdiri di atas hukum yang menjamin keadilan bagi warganya. Menurut bentuknya, hukum dapat dibagi menjadi:

  • Hukum tertulis
  • Hukum tak tertulis:

Istilah konstitusi itu sendiri dikenal sejak abad kesembilan belas, tetapi konsep negara hukum telah berkembang dengan tuntutan situasi. Dimulai pada zaman Plato, konsep negara hukum itu sendiri telah mengalami banyak perubahan sehingga membuat para ahli dan spesialis dipaksa untuk memperdebatkan konsep negara hukum itu sendiri.

Plato dan Aristoteles, Mengungkapakan bahwa Negara Hukum adalah negara yang diperintah oleh negara adil. Dalam filsafat, baik ofensif hdan disebutkan bahwa konsep hukum negara memiliki aspirasi yang dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Cita-cita untuk mengejar kebenaran
  2. Cita-cita untuk mengejar kesusilaan
  3. Cita-cita manusia untuk mengejar keindahan
  4. Cita-cita untuk mengejar keadilan

Hugo Krabbe, Bahwa Negara harus memiliki Negara Hukum (rechtsstaat) dan setiap tindakan Negara harus didasarkan pada hukum atau harus bertanggung jawab kepada hukum.

F.R. Bothlingk, waarin de wilsvrijheid van gezagsdragers adalah pintu beperkt Grenzen van recht “(negara, di mana kebebasan kehendak pemegang kekuasaan dibatasi oleh hukum).

Prof. R. Djokosutomo, SH, Negara menurut UU 1945 didasarkan pada aturan hukum. Menghukum berdaulat. Negara adalah subjek hukum, dalam arti rechtstaat (badan hukum republik). Karena negara dipandang sebagai subyek hukum, jadi jika dia bersalah dapat dituntut di depan pengadilan karena kesalahan.

Hukum membentuk dasar dari tindakan masing-masing negara. Ada empat alasan mengapa negara mengatur dan menjalankan tugasnya berdasarkan hukum:

  1. Demi kepastian hukum
  2. Tuntutan perlakuan yang sama
  3. Legitimasi demokrasi
  4. Tuntutan akal budi

Hukum negara berarti alat bagi negara-negara untuk menggunakan kekuatannya hanya di bawah hukum yang berlaku dan dengan cara yang ditentukan oleh hukum. Dalam negara hukum, tujuan dari kasus ini harus dihukum sesuai dengan keputusan kebenaran. Tujuan dari ini adalah untuk memastikan kebenaran, maka semua pihak berhak untuk pertahanan atau bantuan hukum.

Pengertian negara hukum
Pengertian negara hukum

Unsur-unsur Negara Hukum

  • Hak asasi manusia dihormati sesuai dengan martabat dan layak sebagai manusia
  • Pemisahan atau pembagian kekuasaan untuk menjamin hak-hak
  • Pemerintah dijalankan oleh undang-undang
  • Keberadaan pengadilan dalam sengketa antara masyarakat dan pemerintah

Ciri-ciri Negara Hukum

  • Kekuasaan dijalankan sesuai dengan hukum positif yang berlaku
  • Kegiatan di negara ini di bawah kontrol yang efektif dari kekuasaan kehakiman
  • Di bawah hukum yang menjamin hak asasi manusia
  • Dituntut pembagian kekuasaan

Konsep Negara Hukum Di Indonesia

Aturan hukum senantiasa berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kompleksitas kehidupan masyarakat di era global, menuntut pengembangan prinsip-prinsip negara hukum. Hukum negara menyatakan bahwa organisasi adalah pemerintahan berdasarkan aturan hukum. Oleh karena itu, pemerintah dan lembaga lainnya dalam tindakan melaksananakan harus dipandu oleh hukum dan bertanggung jawab secara hukum. Dikutip dari: http://argawahyush.blogspot.co.id

Prinsip Negara Hukum

  1. Asas legalitas. Pembatasan kebebasan warga negara (pemerintah) dapat ditemukan dasarnya dalam undang-undang yang merupakan aturan umum. Hukum umum harus memberikan jaminan (untuk penduduk) tindakan (pemerintah) yang sewenang-wenang, kolusi, dan berbagai jenis tindakan yang tidak benar. Pelaksanaan kekuasaan oleh organ pemerintah dapat ditemukan dasarnya dalam undang-undang (hukum formal). Dikutip dari: http://reformasiotak.blogspot.co.id
  2. Perlindungan hak asasi manusia.
  3. Pemerintah terikat oleh hukum.
  4. Pemerintah-dikenakan monopoli untuk memastikan penegakan hukum. Hukum harus ditegakkan, ketika hukum itu dilanggar. Pemerintah harus memastikan bahwa orang tidak instrumen yuridis penegakan hukum. Pemerintah dapat memaksa seseorang yang melanggar hukum melalui sistem peradilan negara. Hukum publik pada prinsipnya untuk memaksakan tugas pemerintah.
  5. Pengawasan oleh hakim independen. Hukum keuntungan tidak dapat ditampilkan, jika aturan hukum yang mengatur organ hanya dilaksanakan. Oleh karena itu, di setiap negara hukum diperlukan pengawasan oleh dewan juri independen.

Demikian Penjelasan TentangĀ 7 Pengertian Negara Hukum Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pemabca GuruPendidikan.Com