6 Ciri-Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini Protista mirip dengan tumbuhan biasanya kita kenal sebagai ganggang atau alga. Ganggang atau alga ini ialah organisme kelompok besar yang beragam jenisnya dan mereka merupakan organisme autotrof yang berarti mereka menghasilkan makanan mereka sendiri.

Protista Mirip Tumbuhan

Namun, untuk mengenal ganggang dan alga kita perlu mengetahui ciri-cirinya, lalu bagaimanakah untuk ciri-ciri dari protista yang mirip tumbuhan ini?? Kemudian apa sajakah contoh ganggang alga tersebut?? Untuk dapat mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Ciri-Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan

Ciri-Ciri Ganggang/Alga

  • Ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler.
  • Habitat di perairan tawar dan laut, ada yang menempel pada batuan (epilitik), tanah/lumpur/pasir (epipalik), menempel pada tumbuhan sebagai (epifitik) dan menempel pada tubuh hewan (epizoik).
  • Mempunyai klorofil, sehingga bersifat autotrof, selain klorofil, alga juga memiliki pigmen lain, seperti fikosianin (warna biru), fikoeritrin (warna merah), fikosantin (warna coklat), xantofil (warna kuning) dan karoten (warna keemasan).
  • Merupakan organisme eukariotik.
  • Reproduksi secara aseksual dengan fragementasi, pembelahan atau pembentukan spora dan secara seksual dengan oogami dan isogami.
  • Tubuh tidak dapat dibedakan antara akar, batang dan daun yang tubuhnya berupa thalus, sehingga dimasukkan ke dalam golongan thalophyta.

Klasifikasi Ganggang/Alga

Klasifikasi Protista mirip dengan tumbuhan yang berdasarkan pigmen warna, antara lain:

  • Euglenophyta
    Euglenophyta merupakan kelompok protista yang unik karena dia memiliki sifat yang mirip dengan tumbuhan dan hewan. Contoh: Euglena viridis.
  • Dinoflagellata
    Memiliki 2 flagel, bersifat uniseluler yang memiliki pigmen yang berupa klorofil a dan c. Contoh: Noctiluca sp, Ceratium sp, Gonyaulax sp, Perridium sp.
  • Chlorophyta (Alga Hijau)
    Hidup secara soliter maupun koloni, Tubuhnya mengandung klorofil a dan b, Contoh: Chlorococcum sp, Chloerella sp, Spirogyra sp, Chlamydomonas sp, Ulva sp.
  • Chrysophyta (Alga Cokelat-Keemasan)
    Memiliki pigmen warna yang dominan yakni karoten, fikosantin (coklat kuning) dan pigmen warna lain yang berupa klorofil a dan b, Contoh: Diatom, Navicula, Cyclotella dan Pinnularia.
  • Phaeophyta (Alga Coklat)
    Memiliki pigmen berupa xantofil, fikosantin, klorofil a dan c, Contoh: Laminaria sp, Sargassum sp, Fucus sp, Turbinaria sp, Macrocystis sp.
  • Rodophyta (Alga Merah)
    Bersifat multiseluler, memiliki pigmen fikobilin yang terdiri dari fikoeritrin (merah) dan fikosianin (biru). Contoh: Euchema spinosum, Glacilaria sp, Gelidium sp, Gigartina mammilosa, Erytrophylum sp, Macrocladia sp.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 Ciri-Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan semoga dengan adaya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: