Pengertian Obligasi
Pengertian Obligasi

5 Pengertian Obligasi Dan Saham Beserta Jenis Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Obligasi

5 Pengertian Obligasi Dan Saham Beserta Jenis Dan Contohnya– Obligasi adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan, yang merupakan pernyataan utang kepada pemegang obligasi dan emiten berjanji untuk membayar kembali modal dan bunga kupon di masa depan pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Ketentuan lain dapat juga dicantumkan dalam obligasi seperti pemegang obligasi, pembatasan tindakan hukum yang diambil oleh penerbit. Obligasi pada umumnya diterbitkan untuk jangka waktu tertentu dari 10 tahun.

Utang obligasi pendek tapi dalam bentuk keamanan. “Penerbit” adalah debitur obligasi atau debitur, sedangkan “pemegang” obligasi adalah pemberi pinjaman atau kreditur dan “kupon” obligasi adalah bunga pinjaman yang harus dibayar oleh debitur kepada kreditur. Dengan penerbitan obligasi ini akan mungkin bagi penerbit untuk mendapatkan pembiayaan investasi jangka panjang dengan dana dari luar perusahaan.

Di beberapa negara, istilah “obligasi” dan “utang” yang digunakan tergantung pada durasi. Pelaku pasar biasanya menggunakan istilah obligasi untuk penerbitan surat utang dalam jumlah besar yang ditawarkan secara luas kepada publik dan istilah “utang” digunakan bagi penerbitan surat utang di sejmlah skala kecil yang biasanya ditawarkan kepada investor kecil. Tidak ada batasan yang jelas tentang penggunaan istilah ini. Ada juga dikenal istilah “treasury” digunakan untuk keamanan pendapatan tetap dengan jangka waktu 3 tahun atau kurang.

Obligasi memiliki risiko tertinggi dibandingkan dengan “utang” yang memiliki risiko menengah, dan “treasury” yang memiliko risiko terendah yang mana dilihat dari sisi “durasi” obligasi memiliki durasi yang lebih pendek, semakin rendah risiko.

Pengertian Obligasi
Pengertian Obligasi

Obligasi dan saham keduanya instrumen surat berharga keuangan, tetapi perbedaannya adalah bahwa pemegang saham adalah pemilik bagian dari perusahaan penerbit saham, sedangkan pemegang obligasi adalah semata merupakan pemberi pinjaman atau kreditur kepada penerbit. Obligasi juga biasanya memiliki jangja waktu yang ditetapkan yang tiba setelah jangka waktu obligasi dapat ditebus sementara saham selamanya (kecuali pada obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah Inggris disebut gilt yang tidak memiliki jatuh tempo.

Pengertian Saham

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen keuangan yang mengacu berpisah kepemilikan perusahaan. Dengan saham menerbitkan, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk ‘menjual’ kepentingan dalam bisnis – saham (efek ekuitas) – dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder.

Jenis Obligasi Di Indonesia

Dalam jenis umum obligasi dapat dilihat dari penerbitnya, yaitu, obligasi korporasi dan obligasi pemerintah. Obligasi pemerintah terdiri dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Obligasi Rekap, diterbitkan guna suatu tujuan khusus yaitu dalam rangka Program Rekapitalisasi Perbankan;
  2. Surat Utang Negara (SUN), diterbitkan untuk membiayai defisit APBN;
  3. Obligasi Ritel Indonesia (ORI), sama dengan SUN, diterbitkan untuk membiayai defisit APBN namun dengan nilai nominal yang kecil agar dapat dibeli secara ritel;
  4. Surat Berharga Syariah Negara atau dapat juga disebut “obligasi syariah” atau “obligasi sukuk”, sama dengan
  5. SUN, diterbitkan untuk membiayai defisit APBN namun berdasarkan prinsip syariah.

Contoh Obligasi

Emiten diberikan hak untuk membeli kembali obligasi pada harga tertentu, dan tentu saja dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan Obligasi waktu yang diberikan atau sering dikenal sebagai obligasi callable. Dalam pertukaran berikutnya Pemegang Obligasi hak berhak untuk mengkonversi obligasi ke dalam beberapa jumlah saham yang dimiliki oleh penerbit. Dikutip dari: http://bisnisdaninvestasi.com/

Dalam upaya untuk memiliki beberapa obligasi biasanya ditawarkan, antara harga obligasi hal lain yang lebih besar dari nominal yang ada atau yang biasa dikenal sebagai Obligasi Premium. Selain itu, dalam penawarannya juga obligasi pada harga sama dengan nilai nominal, atau yang biasa dikenal sebagai Par. Harga penawarannya juga sebenarnya kurang dari obligasi nominal, sering disebut Obligasi Diskon.

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Obligasi Dan Saham Beserta Jenis Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com