Pengertian kualitas
Pengertian kualitas

5 Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Kualitas

Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli- Kualitas atau tingkat kualitas yang baik atau buruk, atau tingkat atau derajat sesuatu. Istilah ini banyak digunakan dalam bisnis, teknik, dan manufaktur dalam hal teknik dan konsep untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, seperti Six Sigma, TQM, Kaizen, dll

Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli

  • Menurut ISO-8402 (Loh, 2001:35), Kualitas adalah totalitas fasilitas dan karakteristik dari produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan, tersurat maupun tersirat.
  • Tjiptono (2004:11), Mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian untuk digunakan (fitness untuk digunakan). Definisi lain yang menekankan orientasi harapan pelanggan pertemuan.
  • Kadir (2001:19), Menyatakan bahwa kualitas adalah tujuan yang sulit dipahami (tujuan yang sulit dipahami), karena harapan para konsumen akan selalu berubah. Setiap standar baru ditemukan, maka konsumen akan menuntut lebih untuk mendapatkan standar baru lain yang lebih baru dan lebih baik. Dalam pandangan ini, kualitas adalah proses dan bukan hasil akhir (meningkatkan kualitas kontinuitas).

Manajemen Kualitas

Diskusikan dalam konteks manajemen mutu organisasi, manajemen mutu dapat dikatakan merupakan serangkaian kegiatan seperti perencanaan kualitas, pengorganisasian kualitas, mengkoordinasikan kualitas, kontrol dan mengevaluasi kualitas dilakukan oleh masing-masing fungsi manajemen yang ada dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja dalam hal kualitas kerja dan lapangan kerja.

Meningkatkan kinerja di sini tidak hanya pada satu kegiatan atau bagian-bagian tertentu dari itu, tetapi pada setiap tingkat operasi atau proses dan di setiap area fungsional kerja organisasi.

Karena manajemen mutu melibatkan semua kegiatan dari semua orang, semua bagian, semua fungsi dalam organisasi, itu adalah tanggung jawab manajemen kualitas semua orang yang terlibat, semua bagian, semua fungsi dari semua tingkat manajemen, tetapi itu harus dikendalikan oleh manajemen puncak (top management), dan pelaksanaan harus melibatkan semua anggota organisasi.

Pengertian kualitas
Pengertian kualitas

5 Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli

Kualitas Pelayanan

Secara umum, tingkat layanan yang tinggi yang akan menghasilkan kepuasan yang tinggi dan ulangi membeli lebih sering. Kualitas mengatakan mengandung banyak definisi dan makna, orang yang berbeda akan menafsirkannya berbeda, tetapi dari beberapa definisi dapat ditemukan untuk memiliki beberapa kesamaan, meskipun hanya cara pengiriman biasanya ditemukan pada unsur-unsur berikut:

  1. Kualitas meliputi usaha atau superioritas memenuhi harapan pelanggan.
  2. Kualitas mencakup produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan
  3. Kualitas adalah kondisi yang selalu berubah.

Kualitas Pelayanan Menurut Para Ahli

  • Tjiptono (2007), Sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan ketepatan pengiriman dalam menyeimbangkan harapan konsumen.
  • Menurut Kotler (2002:83), Definisi layanan setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksi mungkin terkait atau tidak terkait dengan produk fisik.

Kualitas Produk

Kualitas Produk (kualitas produk) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan, kehandalan, kemudahan operasi dan meningkatkan akurasi, serta atribut berharga lainnya. Untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan dapat melaksanakan program “Total Quality Management (TQM)”. Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan utama adalah untuk meningkatkan kualitas nilai total pelanggan.

loading...

Demikian Penjelasan Tentang 5 Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli Semoga Bermnafaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀