5 Pengertian Homoglobin Menurut Para Ahli Beserta Strukturnya

Aris Kurniawan

Pengertian Homoglobin

Pengertian Homoglobin Menurut Para Ahli Beserta Strukturnya– Hemoglobin adalah metalloprotein (protein yang mengandung zat besi) dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dihembuskan tubuh. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organik dengan satu atom besi.

Mutasi pada gen hemoglobin protein menurun sehingga kelas penyakit yang disebut hemoglobinopathies, di antaranya yang paling umum adalah anemia sel sabit dan talasemia.

Pengertian Pengertian Homoglobin Menurut Para Ahli

  • Menurut Evelyn (2009)

Hemoglobin adalah protein yang kaya akan zat besi. Memiliki afinitas (afinitas) untuk oksigen dan oksigen untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Melalui fungsi ini, oksigen dibawa dari paru-paru ke jaringan.

  • Menurut Brooker (2001)

Hemoglobin adalah senyawa pembawa oksigen dalam sel darah merah. Hemoglobin dapat diukur secara kimia dan jumlah Hb / 100 ml darah dapat digunakan sebagai indeks kapasitas pembawa oksigen darah.
Hemoglobin adalah protein kompleks-pigmen yang mengandung zat besi. Red kompleks dan terkandung dalam eritrosit. Sebuah molekul hemoglobin memiliki empat kelompok heme yang mengandung besi besi dan empat rantai globin.

Hemoglobin

Hemoglobin

  • Menurut Shinta (2005)

Hemoglobin adalah senyawa protein dengan Fe disebut protein terkonjugasi. Sebagai dasarnya Fe dan ketertiban protoperphyrin dan globin (tetra phirin) menyebabkan warna darah merah karena Fe ini.Eryt karboxy Hb mengikat hemoglobin dan karbon dioksida menjadi warna merah tua. Arteri dan vena oksigen darah darah yang mengandung karbon dioksida (Depkes di Widayanti, 2008).

  • Menurut William

Hemoglobin adalah molekul globular terdiri dari empat subunit. Setiap subunit berisi satu porsi heme terkonjugasi dengan polipeptida. Heme adalah mengandung besi porfirin derivatif. Polipeptida yang secara kolektif disebut sebagai bagian globin dari molekul hemoglobin.

  • Menurut Wikipedia (2007)

Hemoglobin adalah pembawa oksigen metalprotein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah dalam darah mamalia dan hewan lain. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein dan empat kelompok heme, suatu molekul organik dengan satu atom besi.

Struktur Hemoglobin

Di tengah ada molekul cincin heterosiklik yang dikenal sebagai porfirin yang memegang sebuah atom besi; Atom besi obligasi oksigen situs / lokakarya. Besi yang mengandung porfirin yang disebut heme. Nama hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin; globin sebagai istilah generik untuk protein globular. Ada beberapa protein mengandung heme dan hemoglobin adalah yang paling dikenal dan paling banyak dipelajari.

Pada orang dewasa, hemoglobin dalam bentuk tetramer (mengandung 4 subunit protein), yang terdiri dari masing-masing dua subunit alfa dan beta yang terikat oleh noncovalent. Subunit secara struktural sama dan berukuran hampir sama.

Setiap subunit memiliki berat molekul sekitar 16.000 Dalton, membawa berat molekul total sekitar 64.000 Dalton tetramernya. Setiap subunit hemoglobin mengandung heme tunggal, sehingga hemoglobin keseluruhan memiliki kapasitas empat molekul oksigen:

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Hemoglobin dan http://wardana-sl.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-hemoglobin-hb-menurut-para.html

Deemikian Penjelasan Tentang 5 Pengertian Homoglobin Menurut Para Ahli Beserta Strukturnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 5 Pengertian Homoglobin Menurut Para Ahli Beserta Strukturnya
Shares