5 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Aris Kurniawan

Pengertian Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya– Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu. Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.

Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnis

Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, afiliasi politik, kondisi fisik atau karakteristik lain yang diduga merupakan dasar dari diskriminasi.

  1. Diskriminasi langsung, terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat kesempatan yang sama.
  2. Diskriminasi tidak langsung, terjadi ketika peraturan netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.
Pengertian Dikriminasi

Pengertian Dikriminasi

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

  • Menurut PBB

“Diskriminasi termasuk perilaku, berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya”.

  • Theodorson & Theodorson (1979:115-116)

Diskriminasi sebagai “…adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial”.

  • Menurut Wikipedia

Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu.

Contoh

  • Diskriminasi di tempat kerja

Diskriminasi dapat terjadi dalam berbagai macam bentuk:

  1. Struktur gaji
  2. Bagaimana perekrutan
  3. Strategi yang dianut dalam promosi
  4. Kondisi kerja umum bersifat diskriminatif

Diskriminasi di tempat kerja memiliki arti mencegah seseorang memenuhi aspirasi profesional dan pribadi mereka tanpa memperhatikan prestasi.

Teori statistik diskriminasi berdasarkan pada gagasan bahwa perusahaan tidak dapat mengontrol produktivitas pekerja secara individu. Akibatnya, pengusaha cenderung mengandalkan karakteristik terlihat, seperti ras atau jenis kelamin, sebagai indikator produktivitas, sering diasumsikan anggota dari kelompok tertentu memiliki tingkat produktivitas.

Dikutip dari: wikipedia.org dan fajarkurniawan17.blogspot.co.id

  • Contoh lain:

Terjadi di negri kita sendiri seperti yang terjadi di Lampung Selatan ada kasus kekerasan yang telah mengakibatkan 14 orang meninggal dunia dan 1.700 mengungsi. Selain diskriminasi dalam agama didalamnya mencangkup kekerasan dan diskriminasi etnis.

Demikian Penjelasan Tentang Semoga 5 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 5 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya
Shares