323 Pengertian Energi Menurut Para Ahli Dan Macam Bentuk Energinya

Aris Kurniawan

Pengertian energi menurut para ahli dan macam bentuk energi– Kali ini kita akan membahas tentang pengertian energi dan macam-macam bentuk energi yang dapat kita pelajari sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang ada didalam energi dan apa saja macam bentuk energi tersebut.

Pengertian Energi

Dalam ilmu fisika, energi merupakan bahan fisik dari obyek, bergerak melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah namun tidak dapat dihancurkan dan diciptakan.  Joule merupakan satuan (SI) energi,  yang diambil dari jumlah yang diberikan kepada objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkan sejauh 1 meter dengan 1 gaya newton.

Kerja dan panas merupakan dua contoh dari mekanisme yang dapat memindahkan jumlah energi. Hukum yang kedua termodinamika ialah membatasi jumlah pekerjaan yang diperoleh melalui proses-beberapa pemanasan yang akan hilang sebagai panas limbah.

Jumlah maksimum yang dapat digunakan untuk pekerjaan yang tersedia disebut energi. Sistem seperti mesin dan makhluk hidup memerlukan energi yang ada. Berbagai bentuk dari energi, Namun semua jenis energi harus memenuhi berbagai kondisi dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain, dalam mematuhi hukum kekekalan energi, dan  perubahan massa tubuh.

Bentuk yang spesifik dari energi potensial yang dihasilkan dari panjang atau deformasi benda padat dan pelepasan energi kimia sebagai panas saat bahan bakar terbakar. Setiap objek memiliki massa stasioner,  dapat mempunyai massa  energi sama dengan orang lain, meskipun tidak dijelaskan dalam fenomena sehari-hari dalam fisika klasik.

Menurut keseimbangan massa-energi, semua bentuk energi dari massa. Seperti, menambahkan 25 kilowatt jam (90 megajoule) energi pada objek dapat meningkatkan massa 1 mikrogram.

Pengertian energi

Pengertian energi

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  • Menurut Mitchell, Campbell dan Reece, energi merupakan sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Singkatnya energi sebagai kapasitas agar dapat melaksanakan pekerjaan.
  • Menurut Muji Lestari dan Arif Alfatah, energi memiliki pengertian untuk tubuh agar dapat melakukan sebuah objek bisnis. Kenyataannya, setiap usaha yang dilakukan dapat mengubah keadaan.
  • Menurut Michael J. Moran, energi merupakan sebuah konsep dasar termodinamika yang dijadikan aspek penting dari analisis teknik.
  • Menurut Aip Saripudin, energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan proses bisnis.
  • Menurut Young, pekerjaan merupakan sebuah energi yang sudah dihasilkan. Ini dimaksudkan supaya dapat melakukan pekerjaan yang dibutuhkan energi.
  • Menurut Robert L. Wolke, energi merupakan suatu kemampuan untuk dapat membuat suatu hal terjadi.
  • Menurut Pardiyono, energi merupakan bentuk dari kekuatan yang dihasilkan oleh benda.
  • Menurut Mikrajuddin, energi merupakan sebuah kemampuan untuk dapat melakukan pekerjaan pada suatu objek.
  • Menurut Alvin Hadivvono, energi ialah segala hal yang bergerak, dan juga memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.
  • Menurut Sumantoro, energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan pekerjaan yakni untuk memindahkan atau mendorong objek.
  • Menurut Einstein, energi merupakan sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

Macam-Macam Bentuk Energi

Energi kinetis

Energi kinetis atau energi gerak (juga disebut energi kinetik) merupakan energi yang dimiliki oleh benda disebabkan gerakannya.

Energi kinetis dapat diartikan sebagai sebuah benda yang diartikan sebagai usaha yang dibutuhkan agar dapat menggerakkan benda dengan massa dalam jumlah tertentu dari kondisi diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Energi potensial

Energi potensial sebagai energi yang dapat memperngaruhi sebuah benda karena tempat atau posisi (ketinggian) benda  cenderung menuju arah tak terhingga dengan arah dari gaya yang dihasilakan dari energi potensial. Satuan SI sebagai alat mengukur energi dan usaha yakni Joule (simbol J).

Energi panas bumi

Energi panas bumi merupakan energi panas yang terbentuk dari kerak bumi. Temperatur di bawah kerak bumi dapat bertambah dengan bertambahnya kedalaman. Suhu di dalam pusat bumi mencapai sekitar 5400 °C. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi. Panas Bumi sebagai sumber energi panas yang ada (terkandung) pada uap air, air panas, dan batuan bersama mineral dan gas, yang secara genetik secara keseluruhan tidak bisa dipisahkan oleh suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya perlu proses penambangan lagi.

Energi internal

Energi dalam atau internal sebagai energi kinetik yang dihubungkan dengan energi gerakan (molekul-molekul), dan energi potensial di hubungkan dengan getaran rotasi dan energi listrik dari atom-atom di dalam molekul.

Energi surya

Energi surya merupakan energi panas dan sinar dari matahari. Energi yang dapat dimanfaatkan dengan memakai teknologi seperti pemanas surya, listrik panas surya, fotovoltaik surya, fotosintesis buatan, arsitektur surya.

Tenaga angin

Tenaga angin sebagai pengumpulan sebuah energi yang dapat berguna dari angin. Pada tahun 2005, kapasitas generator tenaga-angin mencapai 58.982 MW, hasil ini kurang dari 1% penggunaan listrik yang ada dunia. Hasil  tenaga angin bisa lebih dari empat kali lipat antara tahun 1999 dan 2005.

Energi kimia

Energi kimia sebagai energi yang keluar yang menghasilkan interaksi elektron di mana dua atau lebih molekul/atom berkombinasi sehingga dapat menghasilkan senyawa kimia yang stabil.

Energi Otot

Energi berasal dari tubuh merupakan energi otot pada manusia. Dan manusia yang bergerak dari organ tubuh akan menghasilkan energi. Contohnya jika manusia memindahkan benda, benda yang terabgkat oleh manusia dihasilkan dari otot.

Demikian Penjelasan Tetang 323 Pengertian Energi Menurut Para Ahli Dan Macam Bentuk Energinya Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 323 Pengertian Energi Menurut Para Ahli Dan Macam Bentuk Energinya
Shares