31 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

31 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap – Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut suatu hukum, apabila ada yang bersalah harus dihukum sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Agar lebih memperkuat tentang definisi hukum, disini akan mengulas tentang pengertian hukum menurut para ahli. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

hukum

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

1. ARISTOTELES
Menurut Aristoteles menyatakan bahwa Hukum ialah sesuatu yang berbeda dari pada sekedar menganut dan mengekspresikan suatu bentuk dari konstitusi.

2. ABDULKADIR MUHAMMAD
Menurut Abdulkadir Muhammad menyatakan bahwa Hukum ialah segala suatu peraturan tertulis dan tidak tertulis yang memiliki sanksi yang tegas terhadap sih pelanggarnya.

3. ACHMAD ALI
Menurut Achamd Ali menyatakan bahwa Hukum ialah suatu seperangkat kaedah atau sebuah aturan yang tersusun dalam suatu sistem, yang menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat.

4. A.RIDWAN HALIM
Menurut Ridwan Halim menyatakan bahwa Hukum ialah suatu peraturan-peraturan, baik yang tertulis ataupun yang tidak tertulis, yang pada dasarnya berlaku dan diakui orang sebagai suatu peraturan yang harus ditaati.

5. A.L GOODHART
Menurut Goodhart menyatakan bahwa Hukum ialah keseluruhan dari suatu peraturan yang dipakai oleh suatu pengadilan.

loading...

6. ALLEN
Menurut Allen menyatakan bahwa hukum ialah suatu usaha untuk menegakkan suatu keadilan dalam pihak yang harus dibedakan.

7. BOHANNAN
Menurut Bohannan menyatakan bahwa Hukum ialah suatu himpunan kewajiban-kewajiban yang sudah dilembagakan kembali dalam suatu pranata hukum.

8. BELLFOID
Menurut Bellfoid menyatakan bahwa Hukum ialah sebuah hukum yang berlaku disuatu masyarakat, untuk mengatur tatatertib masyarakat, yang didasarkan atas sebuah kekuasaan yang ada pada masyarakat.

9. BAMBANG SUNGGONO
Menurut Bambang Sunggono menyatakan bahwa Hukum ialah subordinasi atau merupakan suatu produk untuk suatu kepentingan-kepentingan politik.

10. BARUCH SPINOZA
Menurut Baruch Spinoza menyatakan bahwa Hukum ialah hukum kodrat yang sebagaimana yang diterapkan pada manusia yang tidak didasarkan pada nalar yang benar, itu merupakan sebuah pencerminan dari hukum.

11. BENYAMIN CARDOZO
Menurut Benyamin Cardozo menyatakan bahwa Hukum ialah suatu kegiatan hakim dipengadilan yang terikat pada suatu tujuan hukum yakni suatu kepentingan hukum.

12. BODENHEIMER
Menurut Bodenheimer menyatakan bahwa Hukum ialah hukum yang terdiri dari suatu penyempurnaan masyarakat makhluk yang berakal yang ada hubungannya dengan sebuah moralitas.

13. C.S.T KANSIL
Menurut Kansil menyatakan bahwa Hukum ialah suatu pengatur ketatatertiban dalam pergaulan manusia, yang sebagai keamanan dan ketertiban yang terpelihara.

Baca juga refensi artikel terkait lainnya :

14. CICERCO
Menurut Cicerco menyatakan bahwa Hukum ialah akal tertinggi yang telah ditanamkan oleh alam dalam diri manusia untuk menetapkan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan dilakukan.

15. DURKHEIM
Menurut Durkhem menyatakan bahwa Hukum ialah suatu kaidah-kaidah yang bersanksi yang berat ringannya tergantung pada suatu pelanggaran, anggapan-anggapan dan keyakinan masyarakat tentang baik buruknya sebuah tindakan.

16. DAVID M.TRUBRUCH
Menurut David meenyatakan bahwa Hukum ialah memiliki tiga ciri pokok yakni: ialah sistem peraturan, yaitu suatu bentuk tindakan mannusia dan merupakan suatu bagian sekaligus otonom terhadap negara.

17. DALIYO
Menurut Daliyo menyatakan bahwa Hukum ialah suatu peraturan-peraturan tingkah laku manusia, yang diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib dan yang sifatnya memaksa.

18. E.M. MEYERS
Menurut Meyers menyatakan bahwa Hukum ialah semua peraturan yang mengandung suatu pertimbangan kesusilaan, yang ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan menjadi suatu pedoman penguasa untuk menjalankan tugasnya.

19. EUGEN EHRLICH
Menurut Eugen menyatakan bahwa Hukum ialah suatu yang berkaitan dengan fungsi kemasyarakatan dan memandang suatu sumber hukum hanya dari legal story and jurisprudence dan living law.

20. EDMUND MEZGER
Menurut Edmund menyatakan bahwa Hukum ialah suatu aturan yang mengikat suatu perbuatan yang memenuhi suatu syarat-syarat tertentu sebuah akibat berupa pidana.

21. FRIEDMANN
Menurut Friedmann menyatakan bahwa Hukum ialah pendapat manusia yang dilahirkan dari sebuah perasaan moral manusia yang secara universal sehingga hukum harus dijadikan suatu pedoman kehidupan.

22. FRANK
Menurut Frank menyatakan bahwa Hukum ialah salah satu konsekuensi dari suatu kenyataan bahwa masyarakat yang melahirkan hukum dan bukan hukum yang melahirkan masyarakat.

23. GLUCKMAN
Menurut Gluckman menyatakan bahwa Hukum ialah keseluruhan gudang aturan diatas mana para hakim mendasarkan suatu putusannya.

24. GOTTFRIED WILHELM LEIBUIZ
Menurut Gottfried menyatakan bahwa Hukum ialah suatu hubungan-hubungan suatu kepentingan antara pribadi yang kian menonjol.

25. HANS KELSEN
Menurut Hans Kelsen menyatakan bahwa Hukum ialah suatu perintah memaksa terhadap sebuah tingkahlaku manusia.

26. H.I.A HART
Menurut Hart menyatakan bahwa Hukum ialah suatu prediksi mengenai apa yang diperbuat oleh suatu pengadilan jika memang ada sanksi, maka hukumlah yang menjadi sebuah norma primer yang menggariskan sanksi.

27. HUGO GROTIUS
Menurut Hugo menyatakan bahwa Hukum ialah suatu aturan tentang tindakan moral yang mewajibkan apa yang benar.

28. HOLMES
Menurut Holmes menyatakan bahwa Hukum ialah apa yang diramalkan akan diputuskan oleh pengadilan.

29. HAMAKER
Menurut Hamaker menyatakan bahwa Hukum ialah sebuah himpunan petunjuk-petunjuk yang hanya menunjuk secara mana biasanya orang bertindak dalam pergaulannya dengan orang lain dalam suatu masyarakat.

30. HUIJBERS
Menurut Huijbers menyatakan bahwa Hukum ialah suatu gejala dalam hidup bersama manusia guna untuk mengatur hidup bersama itu baik dalam hubungan polotik ataupun privat.

31. HENDRY SUMMER MAINE
Menurut Hendry menyatakan bahwa Hukum ialah suatu produk adaptasi sosial dalam masyarakat yang statis.

Agar menjadi negara yang tertib dan adil, maka harus mematuhi hukum yang berlaku.

Itulah ulasan tentang 31 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca.Sekian dan terima kasih.