4 Fungsi Otak Manusia Secara Umum Menurut Para Ahli

parta setiawan

4 Fungsi otak manusia secara umum menurut para ahli– Otak manusia merupakan pusat kendali dari struktur dan memiliki sekitar 1.350cc volume dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab untuk pengaaturan seluruh tubuh dan pikiran manusia. Sebab itu ada hubungan ynag sanagt kuat antara otak dan pemikiran. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, fungsi tubuh homeostasis, perilaku dan gerak seperti tekanan darah, detak jantung, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Fungsi Otak Manusia Secara Umum

Otak dan saraf sel di dalamnya diyakini mempengaruhi kondisi tubuh manusia. Ilmu yang dimiliki otak atau pengetahuan dapat mempengaruhi psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yakni pembelajaran motorik , pengenalan, bentuk pembelajaran emosi dan bentuk ingatan lainnya.

Otak terdiri dari dua jenis sel: neuron dan glia. neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensial aksi, sedangkan Glia berfungsi untuk melindungi dan mendukung  neuron. Keduanya berkomunikasi bersama neuron-neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang dinamakan neurotransmitter.

Ini dikirimkan pada posisi atau keadaan yang dikenal juga sebagai sinapsis. Invertebrata hampir mirip dengan serangga yang mungkin memiliki jutaan neuron di dalam otak manusia, vertebrata besar mungkin juga memiliki neuron sekitar 100 miliar.

fungsi otak secara umum

fungsi otak secara umum

Neuron otak memiliki dua jenis asam lemak PUFA, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (AA), yang berada dalam posisi Sn2 phosphoglycerides molekul dalam membran sel neuron. PUFA bisa  hilang atau terlepas dari fosfogliserida oleh fosfolipase PLA-2 stimulasi. Molekul AA dirilis akan diproses oleh enzim cyclo oxygenase ke prostaglandin dan tromboksana, atau diproses oleh enzim 5-lipo akan oxygenase lipoksin. Kedua AA dan DHA dapat diproses oleh enzim oxygenase untuk membentuk senyawa lipo derivatif hidroksi dan leukotriena.

Bagian Otak Manusia

Dalam anatomi otak vertebrata, otak depan (bahasa Inggris: prosencephalon, otak depan) merupakan bagian dari otak manusia. Pada tahap ini, perkembangan sistem saraf pusat, otak depan berkembang dan memisahkan diri menjadi diencephalon dan otak besar. Jika embrio, otak depan dapat mengalami hambatan untuk berkembang menjadi dua kondisi, ada suatu kondisi yang disebut juga holoprosensefali.

Otak Besar

Otak besar merupakan bagian paling penting dari otak depan. Ada dua bagian otak, otak kanan dan otak kiri. Setiap bagian ini menagtur bagian tubuh dan sebaliknya, otak kiri mengatur kanan tubuh dan sebaliknya. Jika otak kiri  mengatur sisi kanan tubuh akan terganggu sisi tubuh lainnya, dan bahkan kelumpuhan. Setiap belahan otak depan terbagi menjadi empat lobus, frontal, parietal, okspital, dan temporal. Antara frontal dan parietal lobus dipisahkan oleh sulkus pusat atau celah Rolando.

Otak Tengah

Otak tengah merupakan salah satu bagian otak yang memiliki struktur:

1. Tektum, terdiri dari dua pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina:

  • Colliculi rendah, yang terlibat dalam proses. Sinyal yang diterima dari berbagai nukleus batang otak thalamus diproyeksikan menuju inti geniculate medial menyerukan terus menuju korteks pendengaran primer (bahasa Inggris: korteks pendengaran primer).
  • colliculi unggul, melayani kontrol gerakan visual dan mata sedini

2. Gagang bunga otak

  • Tegmentum merupajan sebuah jaringan multi-sinapsis yang memiliki hubungan dalam homeostasis dan sistem refleks lintasan.
  • Crus cerebri
  • Substantia nigra

Otak Belakang

Otak belakang (bahasa Inggris: myelencephalon, metencephalon, rhombencephalon) meliputi sumsum lanjutan (bahasa Inggris: medulla oblongata), otak kecil (bahasa Inggris: cerebellum), jembatan Varol (bahasa Inggris: pons, pons Varolii). Ketiga bagian ini membentuk batang otak (bahasa Inggris: brainstem).

Jembatan Varol meruoakan isi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil, serta menghubungkan otak kecil dengan korteks serebral.

Lanjutan sumsum untuk membentuk bagian bawah batang otak dan pons jembatan yang menghubungkan sumsum tulang belakang. Sekelompok neuron di formasi reticular dalam sumsum maju fungsi untuk mengontrol sistem pernapasan dan saraf kranial yang mengontrol detak jantung juga pada sumsum.  Hal ini juga bertindak sebagai pusat pengatur refleks fisiologis, tekanan udara, suhu tubuh, pelebaran atau penyempitan pembuluh darah, gerakan saluran pencernaan dan sekresi kelenjar pencernaan. Fungsi lainnya idalah sebagai pengatur refleks, seperti berkedip, bersin dan batuk.

Otak Kecil

Cerebellum (bahasa Inggris: cerebellum) merupakan bagian terbesar dari otak belakang. Otak kecil terdapat pada posisi bawah lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri atas 2 permukaan berlekuk dan belahan. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur postur atau sikap, koordinasi dan keseimbangan gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika ada cedera ringan ke otak, dapat menyebabkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerakan otot. Gerakan menjadi tidak beraturan.

Demikian Penjelsan Tentang 4 Fungsi Otak Manusia Secara Umum Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 4 Fungsi Otak Manusia Secara Umum Menurut Para Ahli
Shares