Matematika
Matematika

17 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Beserta Bidangnya

Posted on

Pengertian Matematika

17 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Beserta Bidangnya- Matematika adalah ilmu tentang kuantitas, struktur, ruang, dan perubahan. Matematikawan menemukan pola, merumuskan Dugaan baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi ketat yang berasal dari aksioma dan definisi bertepatan.  Seorang ahli matematika Benjamin Peirce disebut matematika sebagai “ilmu yang Menjelaskan Kesimpulan penting”.

Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

  • James dan James (1976).

Matematika adalah pola pikir, terorganisir, bukti logis, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat representasi dari simbol dan padat, lebih bahasa simbol dari sebuah ide daripada kedengarannya.

  • Carl Friedrich Gauss

Mengatakan matematika sebagai “Ratu Ilmu”. Dalam bahasa aslinya, Latin Regina scientiarum, juga di Jerman Konigin der Wissenschaften, kata yang sesuai dengan ilmu pengetahuan berarti (lapangan) pengetahuan.

  • Johnson dalam Russefendi (1972)

Matematika adalah unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi, aksioma, dan dalil-dalil di mana argumen setelah terbukti valid pada umumnya, karena matematika ini Sering disebut ilmu deduktif.

  • Kline (1973)

Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat.

  • Russefendi

Matematika terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil di mana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.

Matematika
Matematika
  • Reys – dkk (1984)

Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat.

loading...
  • Kurikulum 2004

“Matematika adalah studi tentang bahan-bahan yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, bahwa konsep kebenaran diperoleh sebagai konsekuensi logis dari kebenaran diterima sebelumnya bahwa hubungan antara konsep-konsep matematika dalam yang sangat kuat dan jelas. “

  • Kurikulum 2006

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, memiliki peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mempromosikan kekuatan pikiran manusia.

  •  Rising (1972)

“Matematika adalah pola pikir, mengatur pola, membuktikan logika yang, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan representasi akurat dari simbol dan padat, lebih bahasa simbol dari sebuah ide daripada kedengarannya.”

  • Yansen Marpaung:

“Matematika adalah ilmu dalam perkembangannya, penggunaannya menganut metode deduksi.”

  • Kline (1973)

“Matematika bukanlah pengetahuan yang dapat menjadi sempurna untuk dirinya sendiri, tetapi matematika terutama untuk membantu orang memahami dan mengatasi masalah Matematika sosial, ekonomi dan alam. Ini tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu, logika adalah dasar untuk pembentukan matematika. “

  • Suwarsono

“Matematika adalah ilmu yang memiliki karakteristik khas, yaitu; benda abstrak, simbol penggunaan yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan yang ketat.”

  • Susilo

“Matematika tidak bukan hanya kumpulan angka, simbol dan formula yang tidak ada hubungannya dengan dunia nyata. Sebaliknya, matematika tumbuh dan berakar di dunia nyata.”

  • Suherman (2003)

“Matematika adalah disiplin pemikiran dan prosedur pengolahan logika, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.”

  • Abdurrahman (2002)

“Matematika adalah bahasa fungsi praktis simbiolis untuk mengekspresikan hubungan kuantitatif dan spasial sementara fungsi teoritis adalah untuk memfasilitasi berpikir.”

  • Andi Hakim Nasution

“Matematika adalah ilmu struktur, rangka (pesanan), dan hubungan yang mencakup dasar-dasar perhitungan, pengukuran, dan penggambaran obyek.”

  • Albert Einstein

Menyatakan bahwa “sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak yakin, dan sejauh mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas.”

Bidang-bidang matematika

  • Besaran

Penilaian dimulai dengan jumlah digit, digit pertama alami dan bilangan bulat (“semua nomor”) dan operasi aritmatika pada angka yang disusun dalam aritmatika. Sifat yang lebih dalam dari bilangan bulat dipelajari dalam teori bilangan, dari mana datangnya hasil populer sebagai Teorema Terakhir Fermat.

  • Ruang

Penilaian dimulai dengan geometri ruang – khususnya, geometri Euclidean. Trigonometri memadukan ruang dan nomor, dan termasuk teorema Pythagoras yang terkenal. Penilaian ruang memperumum yang modern ide-ide ini untuk menyertakan geometri dimensi lebih tinggi, geometri non-Euclidean (yang memainkan peran penting dalam relativitas umum) dan topologi.

  • Perubahan

Memahami dan menjelaskan perubahan adalah tema umum dalam ilmu alam, dan kalkulus telah berkembang sebagai kekuatan penuh untuk menyelidiki. Fungsi muncul di sini, sebagai konsep penting untuk menjelaskan besarnya perubahan. Penilaian kaku bilangan real dan fungsi berperubah nyata dikenal sebagai analisis real, dengan analisis kompleks lapangan yang setara untuk bilangan kompleks.

  • Struktur

Banyak objek matematika, seperti set angka dan fungsi, memamerkan struktur internal. Sifat struktural objek-objek ini diselidiki dalam kelompok ilmu, arena, lapangan dan sistem abstrak lainnya, yang itu sendiri adalah objek juga. Ini adalah bidang aljabar abstrak. Sebuah konsep penting di sini vektor itu, digeneralisasi menjadi vektor ruang dipelajari dalam aljabar linier.

  • Dasar dan filsafat

Untuk memperjelas dasar matematika, bidang logika matematika dan teori himpunan dikembangkan, serta teori kategori yang masih sedang dikembangkan. Kata majemuk “krisis dasar” pencarian dasar kaku untuk matematika yang jelas yang terjadi pada dekade 1900-an sampai 1930-an. Beberapa ketidaksepakatan tentang dasar matematika berlanjut hari ini.

  • Matematika diskret

Matematika diskrit adalah nama umum untuk bidang matematika paling berguna dalam ilmu komputer teoritis. Ini termasuk teori komputabilitas, teori kompleksitas komputasi, dan teori informasi. Teori komputabilitas memeriksa batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling kuat – mesin Turing.

  • Matematika terapan

Matematika terapan berkenaan dengan penggunaan alat matematika abstrak untuk memecahkan masalah nyata dalam ilmu pengetahuan, bisnis, dan daerah lainnya. Bidang penting dalam matematika terapan adalah statistik, yang menggunakan teori probabilitas sebagai alat dan memungkinkan deskripsi, analisis, dan peramalan gejala di mana peluang memainkan peran penting.

Logika matematika

Logika matematika adalah cabang dari logika matematika dan logika matematika berisi ilmu logika matematika dan penerapan ilmu ini di bidang lain di luar matematika. Logika matematika berkaitan erat dengan ilmu komputer dan logika filosofis.

Tema utama dalam logika matematika, termasuk kekuatan ekspresif dari logika formal dan kekuatan deduktif dari sistem verifikasi formal. Logika matematika sering dibagi ke dalam cabang teori set, teori Model, teori rekursi, teori bukti dan matematika konstruktif. Bidang ini memiliki hasil logika dasar yang sama.

Matematika sebagai ilmu pengetahuan

Carl Friedrich Gauss, menganggap dirinya sebagai “pangeran matematika”, dan mengatakan matematika sebagai “Ratu Ilmu”.

Yang berarti bahwa spesialisasi yang sempit dalam ilmu alam adalah periode terakhir. Ketika salah satu ilmu pandangan terbatas pada dunia fisik, maka matematika, atau murni setidaknya matematika, bukanlah ilmu.

Dikutip dari: www.rumusmatematikadasar.com, https://tematikitumudah.wordpress.com, math-succes.blogspot.com Dan https://id.wikipedia.org

Demikian Penjelasan Tentang 17 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Beserta Bidangnya  Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀