Teknologi
Teknologi

17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya

Posted on

Pengertian Teknologi

Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya– Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan prasejarah dari kemampuan untuk mengendalikan api telah meningkatkan ketersediaan sumber daya pangan, sedangkan penciptaan roda untuk membantu orang-orang di jalan, dan mengendalikan lingkungan mereka.

Definisi Teknologi

Penggunaan istilah ‘teknologi’ dalam bahasa Inggris: technology telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidak umum dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada penggambaran atau seni terapan penilaian. Istilah ini sering dikaitkan dengan pendidikan teknis, seperti Massachusetts Institute of Technology (didirikan pada tahun 1861).

Istilah technology mulai menonjol pada abad ke-20 bersama dengan berlalunya Kedua Revolusi Industri. Memahami perubahan technology pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai oleh Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman, Technik, menjadi technology . Dalam bahasa-bahasa Eropa Jerman dan lain-lain, ada perbedaan antara Technik dan Technologie, yang nihil dalam bahasa Inggris, sebagai istilah umumnya diterjemahkan sebagai technology.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Read Bain (1937)

Mengatakan bahwa teknologi ini pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

  • Naisbit (2002)

Naisbitt (2002) mengutip pemahaman tentang teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.

  • Miarso (2007)

Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

  • Ursula Franklin (1989)

Teknologi sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

Teknologi
Teknologi terbaru
  • Capra (2004)

Teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literatur Yunani disebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang berarti wacana seni.

  • Djoyohadikusumo (1994)

Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.

  • Sardar (1987)

Teknologi merupakan sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka ini akan menyebabkan banyak masalah tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.

  • Rogers (1994)

Teknologi adalah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

  • Poerbahawadja Harahap

Penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.

  • Toynbee (2004)

Teknologi adalah karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia, di mana ia membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih dari itu. Selanjutnya dinyatakan oleh Toynbee, bahwa teknologi dapat mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.

  • Manuel Castells (2004)

Teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

  • Elul (dalam Miarso, 2007)

Teknologi adalah pemimpin secara keseluruhan dan memiliki metode rasional – karakteristik khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

  • Saliman (1993)

Mengatakan bahwa teknologi adalah sesuatu ilmu pengetahuan dan pengembangan industri.

  • Sudarsono (1993)

Teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri

  • Merriam Webster

Menyatakan bahwa teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu pengetahuan ilmu terapan. Dan mean keseluruhan untuk menyediakan barang yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan bahwa kamus Indonesia yang besar.

  • Wikipedia

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi merupakan sebuah entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpad melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai – nilai tertentu.

Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, telah menyempit hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi yang digunakan untuk tujuan damai; pengembangan lebih intens senjata telah terjadi sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.

Dampak teknologi dan masyarakat sekitar dalam banyak cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global saat ini) dan telah memungkinkan peningkatan gratis. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak diinginkan, yang disebut polusi, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.

Berbagai aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai masyarakat dan teknologi baru seringkali menimbulkan pertanyaan etis baru. Misalnya, gagasan luas efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, istilah yang di Hosono dan Ryuichi Sakamoto hanya menyangkut mesin, contoh-contoh lain yang menantang norma-norma tradisional.

Ilmu, rekayasa, dan teknologi

Perbedaan antara ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi tidak selalu jelas. Ilmu adalah investigasi penalaran atau ilmu tentang fenomena, ditujukan untuk menemukan prinsip-prinsip yang melekat dalam unsur-unsur dunia fenomenal dengan menggunakan teknik formal metode ilmiah. Teknologi tidak selalu merupakan hasil dari ilmu pengetahuan belaka, karena teknologi harus memenuhi persyaratan seperti utilitas, kegunaan dan keamanan.

Rekayasa adalah proses berorientasi tujuan dari perancangan dan pembuatan peralatan dan sistem untuk mengeksploitasi fenomena alam dalam konteks praktis bagi manusia, seringkali (tetapi tidak selalu) menggunakan hasil dan teknik dari ilmu pengetahuan. Pengembangan teknologi dapat digambarkan dalam banyak domain pengetahuan, termasuk pengetahuan ilmiah, teknik, matematika, linguistika, dan sejarah, untuk mencapai hasil praktis.

Teknologi seringkali merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa – meskipun teknologi sebagai aktivitas manusia sering mendahului kedua domain tersebut. Sebagai contoh, ilmu pengetahuan bisa mempelajari aliran elektron dalam konduktor listrik, dengan menggunakan peralatan, dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Pengetahuan yang baru ditemukan ini kemudian dapat digunakan oleh para insinyur, dan teknisi untuk menciptakan peralatan dan mesin-mesin baru, seperti semikonduktor, komputer, dan bentuk lain dari teknologi canggih lainnya. Dalam perspektif hari ini, para ilmuwan dan insinyur dapat keduanya dianggap sebagai “teknolog”; Domain ketiga sering dianggap sebagai salah satu untuk keperluan penelitian dan referensi.

Kemajuan Teknologi

Hal ini tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Alih-alih sederhana, ke dunia menghebohkan.

Sebenarnya, teknologi telah ada sejak zaman dahulu, zaman Romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara dramatis, dan terus berkembang saat ini. Sampai membuat objek, teknik yang dapat membantu orang dalam pelaksanaan sesuatu yang lebih efisien, dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Mobil nasional telah membuat inovasi untuk Indonesia. Selain itu, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal untuk kebutuhan nelayan.

Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :

  • Kemajuan teknologi netral
  • Terjadi ketika tingkat pengeluaran (output) meraih pendapatan yang lebih tinggi dengan kuantitas dan kombinasi faktor (input) yang sama.
  • Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
  • Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas, banyak ditandai dengan peningkatan pesat dalam teknologi hemat tenaga kerja dalam memproduksi segala sesuatu dari kacang untuk sepeda ke jembatan.
  • Modal hemat kemajuan teknologi
  • Sebuah fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang dimaksudkan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi Dan http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli

Demikian Penjelasan Tentang 17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀