16 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap

bitar

16 Pengertin Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap –  ilmu itu adalah segala suatu proses kegiatan terhadap suatu keadaan dengan cara memakai alat, prosedur, cara, metode, dan sehingga menghasilkan pengetahuan baru bagi manusia itu sendiri. Orang yang berilmu berarti orang yang mempunyai pengetahuan, dasar, pemahaman,  dan mempunyai batasan tergantung pada keterbatasannya dalam mencari suatu ilmu yang diperolehnya. Agar lebih meyakinkan anda tentang pengertian ilmu. disini akan akan membahas tentang pngertian ilmu menurut para ahli. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

ilmu6

1. KBBI.

Menurut KKBI menjelaskan bahwa Ilmu ialah bermakna pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun dengan secara sistematis menurut metode yang ilmiah yang bisa digunakan untuk menjelaskan dan menerangkan suatu kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan.

2. Afanasyef

Menurut Afanasyef seorang pemikir Marxist dari Rusia yang mengungkapkan tentang ilmu ialah suatu pengetahuan manusia tentang alam, pikiran dan masyarakat. Beliau mencerminkan alam & berbagai konsep, kategori & hukum-hukum, yang mana ketetapan & kebenarannya diuji oleh suatu pengalaman praktis.

3. Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu pengetahuan yang teratur dalam mengenai pekerjaan hukum secara kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, ataupun menurut kedudukannya yang tampak dari luar, ataupun dari dalam.

4. Izuddin Taufiq

Menurut Izuddin Taufiq menytaakan bahwa Ilmu ialah suatu penelusuran informasi atau data melalui suatu pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan suatu hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

5. Karl Pearson

Menurut Karl Pearson menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu keterangan yang stabil & komprehensif tentang sebuah fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

6. Ashely Montagu

Menurut Ashely Montagu menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu pengetahuan dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan juga dalam percobaan untuk menentukan suatu dasar prinsip tentang suatu hal yang sedang dikaji.

7. John G. Kemeny

Menurut John G. Kemeny menytaakan bahwa Ilmu adalah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan suatu metode ilmiah dan merupakan hasil dari suatu proses yang dibuat dengan menggunakan sebuah metode tersebut.

8. Thomas Kuhn

Menurut Thomas Kuhn menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu himpunan kegiatan yang bisa menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan ataupun pengembangannya.

9. Poespoprodjo

Menurut Poespoprodjo menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri dari perkembangan teori dan uji empiris.

10. Francis Bacon

Menurut Francis Bacon menyatakan bahwa Ilmu ialah satu-satunya pengetahuan yang sifanya valid & hanya faktalah yang bisa menjadi objek pengetahuannya.

11. The Liang Gie

Menurut The Liang Gie menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu serangkaian aktivitas manusia yang bersifat rasional & kognitif dengan metode yang berupa sebuah prosedur & langkah-langkah yang sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis guna untuk mencapai suatu kebenaran & mendapatkan pemahaman serta penjelasan yang benar.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

12. Dr. Maurice Bucaille

Menurut Dr. Maurice Bucaille menyatakan bahwa Ilmu ialah sebuah kunci dalam mengungkapkan segala hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu yang lama ataupun singkat.

13. Harsojo

Menurut Harsojo menyatakan bahwa Ilmu ialah sekumpulan akumulasi pengetahuan yang disistematiskan.

14. Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag

Menurut Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag menyatakan bahwa Ilmu ialah sesuatu yang empiris, rasional (bisa diterima akal), umum & sistematik, dan dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak

15. Prof. Dr Syed Naquib Alattas

Menurut Prof. Dr Syed Naquib Alattas menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu ketibaan makna dalam diri seseorang yang bisa menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau didapatkan.

16. Wikipedia

 Menurut wikipedia menytakan bahwa ilmu  ialah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan suatu pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

Itulaah ulsan tentang 16 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Most popular articles related to 16 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap
Shares