Makhluk hidup hewan dan tumbuhan
Makhluk hidup hewan dan tumbuhan

16 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya

Posted on

Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya– Dalam pernyataan dari suatu peristiwa menurut sistem biologi dan ekologi, organisme adalah kumpulan molekul yang saling mempengaruhi sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Istilah ini mengacu pada organisme kompleks organisme yang memiliki lebih dari satu sel. Nama lain yang sering disebutkan dalam sisi adalah organisme hidup terdiri dari manusia organisme, tanaman, hewan dan mikroorganisme.

Ciri-Ciri Secara Umum

Ciri-ciri yang umum didapati pada banyak organisme adalah sebagai berikut:

  1. Memerlukan nutrisi/makanan
  2. Bernafas
  3. Bergerak
  4. Tumbuh
  5. Berkembang biak
  6. Peka terhadap rangsang
  7. Beradaptasi, serta terdapat susunan kimia
  8. Mengeluarkan zat sisa

Namun, sifat-sifat ini tidak universal. Mikroorganisme seperti bakteri tidak bernapas, tetapi penggunaan jalur kimia lainnya. Banyak organisme tidak dapat bergerak secara independen dan banyak organisme tidak dapat berkembang biak, meskipun spesies ini mampu.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Secara Khusus

  • Makhluk Hidup Beradaptasi

Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Berbagai adaptasi dari makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi perilaku, dan adaptasi fisiologis. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian dengan lingkungan yang terkait dengan bentuk tubuh atau organ.

  • Makhluk Hidup Peka terhadap Rangsang

Makhluk hidup yang sensitif terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Perangkat pengakuan lingkungan pada manusia dan hewan dalam bentuk indera. Indra sensitif terhadap rangsangan. Stimulasi dapat berupa cahaya, suara, bau, rasa atau sentuhan. Dengan indera yang sensitif terhadap rangsangan ini, manusia dan hewan memiliki kemampuan untuk melihat, mendengar, bau, rasa atau sentuhan rasa dan sentuhan.

Makhluk hidup hewan dan tumbuhan
Makhluk hidup hewan
  • Makhluk Hidup Bernapas

Ciri utama dari makhluk yang dikatakan bernapas kehidupan. Ketika bernapas O2 makhluk hidup menghirup oksigen dan menghembuskan napas dioksida CO2 karbon, oksigen dibutuhkan untuk oksidasi nutrisi yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi yang berguna untuk melaksanakan aktivitas kehidupan, reaksi oksidasi adalah sebagai berikut Zat makanan + oksigen + energi + karbon dioksida + uap air.

16 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya

  • Makhluk Hidup Bernafas

Dalam proses penyerapan makanan, membentuk produk limbah yang merupakan zat yang tidak diserap oleh tubuh. Zat ini disebut oksidasi biologi dari produk limbah, seperti air dan aktivitas karbon dioksida. Berdasarkan dari tubuh dan hasil, biaya produk limbah dibedakan oleh: ekskresi, respirasi, buang air besar.

Makhluk hidup tumbuhan
Makhluk hidup tumbuhan
  • Makhluk Hidup Tumbuh

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, besar, tinggi dan berat badan. Pengembangan berubah menjadi dewasa. Dikutip dari: http://www.hasbihtc.com/

  • Makhluk Hidup Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara proliferasi makhluk hidup yang berbeda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, biji bore, kecambah, fragmentasi atau membelah.

  • Makhluk Hidup Makan

Makanan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau dapat menghasilkan makanan sendiri. Tanaman hijau sebagai produsen mengobati zat anorganik menjadi bahan organik melalui fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya, tanaman tidak berhijau daun, hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri.

  • Ciri Makhluk Hidup Bergerak

Ada dua jenis gerakan gerak gerak aktif dan pasif. Gerak aktif adalah langkah gerak misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Misalnya gerakan pasif yang ditunjukkan oleh tanaman. Tanaman tidak bisa bergerak, tetapi bergerak di dalam tubuh, seperti daun gerak furl, gerak batang menghadap cahaya, bergerak lebih dekat ke sumber pergerakan air dan akar bunga.

Baca juga:

Demikian Penjelasan Tentang 16 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀