15 Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli Teori Revolusi

parta setiawan

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli Teori Revolusi – Merupakan sebuah perubahan  dari sosial maupun budaya secara cepat dan memiliki nilai utama dari dasar hidup masyarakat.  Yang di rencanakan dan dijalankan tanpa kekarasan ataupun melalui kekerasan. Berikut ini adalah Pengertian Rrevolusi menurut para ahli.

Pngertian revolusi

Pengertian revolusi

Pengertian Revolusi

Revolusi adalah perubahan dari sosial maupun budaya yang berlangsung cepat dan melibatkan poin utama dari dasar atau kehidupan masyarakat. Dalam revolusi, perubahan dapat direncanakan atau tidak direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran dari perubahan kecepatan relatif sebenarnya karena revolusi juga dapat memakan waktu yang lama.

Misalnya, revolusi industri di Inggris yang membutuhkan waktu puluhan tahun, tetapi dianggap ‘cepat’ karena dapat mengubah sistem pokok kehidupan seperti dengan masyarakat dan hubungan antara pekerja dan pengusaha yang telah berlangsung selama ratusan tahun. Revolusi membutuhkan upaya untuk memecah, memecah, dan pembangunan sistem lama ke sistem baru sepenuhnya. Revolusi selalu dikaitkan dengan dialektika, romantika, , logika, menjebol dan membangun.

Dialektika revolusi mengatakan bahwa revolusi adalah upaya untuk mengubah kepentingan rakyat yang didukung oleh berbagai faktor, bukan hanya pemimpin tetapi juga dari semua unsur materi dan perjuangan mereka. Logika revolusi adalah bagaimana revolusi dapat dilakukan berdasarkan perhitungan yang ditetapkan, bahwa revolusi tidak bisa dipercepat atau diperlambat, ia akan datang pada waktunya.

Kader revolusi harus dibangun dengan kesadaran kelas dan kondisi nyata di sekelilingnya. Romansa revolusi adalah nilai-nilai revolusi, bersama dengan kenangan dan kebesaran, di mana ia dibangun. Ini melibatkan memahami roman sejarah dan bagaimana dipasangkan dengan prestasi terbesar dari revolusi, yaitu kepentingan rakyat.

Memiliki banyak kenangan dan museum yang menggambarkan keberanian dan ketenaran ravolusi di banyak negara yang telah menjalankan revolusi seperti di Vietnam, Rusia, Cina, Indonesia, dan banyak negara lainnya. Merobohkan dan membangun merupakan bagian integral dari bukti fisik revolusi.

Busuk orde lama dan menyesatkan dan menyengsarakan rakyat, dikonversi untuk memesan peran besar bagi masyarakat, seperti di Bolivia, setelah Hugo Chavez menjadi presiden ia langsung merombak struktur agraria, di mana tanah untuk orang-orang yang benar-benar lebih memilih untuk mendapatkan menyingkirkan dominasi tanah master dalam banyak wilayah negara.

Dalam pengertian umum, revolusi mencakup jenis perubahan yang memenuhi persyaratan ini. Misalnya, Revolusi Industri mengubah wajah dunia menjadi modern. Dalam definisi yang lebih sempit, revolusi umumnya dipahami sebagai perubahan politik.

Karakter sifat kekerasan dipahami sebagai revolusi sebagai akibat dari situasi ketika perubahan nilai-nilai dan norma-norma yang telah menyebabkan kekosongan tiba-tiba nilai-nilai dan norma-norma yang diadopsi oleh masyarakat.

Pemimpin

Revolusi umumnya membutuhkan kehadiran seorang pemimpin karismatik, keterlibatan partai pelopor (avant-garde), unsur ideologi.

Dalam Revolusi Rusia, misalnya, Lenin dan pemimpin tertinggi Partai Komunis mampu menjadi pemimpin yang karismatik. Revolusi lain menempatkan nomor, misalnya, Fidel Castro di Kuba, Che Guevara di Amerika Selatan, Mao Tse-Tung di Republik Rakyat Cina, Ho Chi Minh di Vietnam, Ayatollah Khomeini di Iran, Corazon Aquino di Filipina ketika Orang listrik Revolusi, dll.

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli

  1. Wiliam Ogburn-Ruang lingkup perubahan sosial meliputi, unsur-unsur budaya baik material dan non-material (immaterial) untuk menekankan pengaruh besar dari unsur-unsur budaya material dari elemen immaterial.
  2. Kingsley Davis-Menafsirkan perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, awal persalinan pengorganisasian dalam masyarakat kapitalis.
  3. Gillin-Gillin-Menafsirkan perubahan sosial sebagai, cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan dalam geografi, materi budaya, komposisi penduduk, ideologi dan karena difusi dan penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  4. Selo Soemardjan- Setiap perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok elf di masyaraka.
  5. Koentjaraningrat- Revolusi merupakan usaha untuk dapat hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
  6. Soerjono Soekanto- Revolusi adalah bentuk perubahan sosial. Perencanaan biasanya bertujuan untuk perubahan sosial (perubahan diarahkan) dan didasarkan (palnning sosial).
  7. Wijoyo Nitisastro- Revolusi adalah proses transformasi total dari kehidupan tradisional bersama-sama teknologi yang baik (pra-modern) dalam arti organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.
  8. Abdul Syam- Revolusi merupakan proses transformasi perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek kehidupan masyarakat.
  9. Astrid S. Susanto- Revolusi merupakan proses pembangunan yang memberikan kesempatan untuk perubahan demi kemajuan.
  10. Wibert E. Moore- Revolusi merupakan transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial ke arah pola-pola tradisional ekonomi dan politik didahului oleh negara-negara Barat yang telah stabil.
  11. Nimkoff- Revolusi merupakan upaya untuk mengarahkan masyarakat untuk dapat memproyeksikan diri dari masa depan yang nyata dan bukan pada angan pemikiran yang salah.
  12. Ougburn-  Upaya Revolusi untuk mengarahkan masyarakat untuk dapat memproyeksikan diri dari masa depan yang nyata dan bukan pada angan berpikir palsu.
  13. Schoorl- Revolusi merupakan penggantian cara tradisional produksi dengan cara yang ditampung dalam arti Revolusi Industri.
  14. Alex Thio- Revolusi merupakan bentuk perubahan sosial seperti perubahan dalam masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.
  15. Harold Rosenberg- Revolusi merupakan tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat-tempat umum properti pedesaan.

Demikain Penjelasan Tentang 15 Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli Teori Revolusi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 15 Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli Teori Revolusi
Shares