Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

14 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Terbaru

Posted on

Pengertian Observasi

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Terbaru– Pengamatan atau observasi merupakan kegiatan yang dilakukan makhluk cerdas, untuk memproses atau objek dengan maksud untuk merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan ide-ide yang sudah diketahui terlebih dahulu, untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk melanjutkan dengan investigasi.

Biologi dan astronomi tidak memiliki dasar dalam pengamatan sejarah oleh amatir. Dalam studi tersebut, pengamatan dapat dilakukan dengan tes, kuesioner, rekaman gambar dan rekaman suara.

Cara yang paling efektif observasi lengkap dengan pedoman pedoman observasi / pengamatan seperti observasi atau format kosong. Format yang disusun berisi item tentang kejadian atau perilaku dijelaskan akan terjadi. Setelah itu, peneliti sebagai pengamat hanya bisa memberikan tanda centang dalam format yang diinginkan.

14 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

  • Sutrisno Hadi

Observasi adalah proses yang sangat kompleks, yang terdiri dari berbagai proses biologis dan psikologis. Yang paling penting di antara mereka adalah bahwa proses memori dan observasi.

  • Nawawi & Martini

Pengamatan Observasi merupakan juga menjelaskan bahwa rekaman sistematis yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam beberapa gejala dari objek penelitian. Hasil akan dilaporkan dalam laporan disusun sesuai dengan aturan sistematis.

  • Prof. Heru

Pengamatan menunjukkan sebuah studi dilakukan dengan sengaja, tujuan, sistematis, terencana dan tujuan yang tepat yang akan dicapai dengan mengamati dan merekam semua kejadian dan fenomena dan mengacu pada syarat dan aturan dalam penelitian atau karya ilmiah. Hasil pengamatan ilmiah, dijelaskan dalam hati, tepat dan akurat, dan tidak diperkenankan untuk menambah atau dikurangai dan dibuat-buat peneliti seperti yang diinginkan.

  • Hanna Djumhana

Menurut pengamatan sebagai metode ilmiah yang bahkan saat ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu empiris, dan masih diakui di dunia penelitiaan karya ilmiah sebagai salah satu metode yang cukup banyak untuk pengumpulan data.

loading...
  • Patton

Pengamatan adalah salah satu metode yang akurat dan mudah untuk melakukan pengumpulan data dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami semua peristiwa yang terjadi yang menjadi objek penelitian dalam penelitiannya.

  • Sudjana

Menunjukkan bahwa pengamatan adalah salah satu yang banyak digunakan alat penilaian dalam mengukur proses dan perilaku individu dalam suatu kegiatan yang dapat diamati. Jadi, untuk mengatakan bahwa pengamatan ini mampu mengukur dan menilai hasil dari proses belajar, misalnya, mengamati perilaku siswa pada waktu yang dihabiskan di kelas, mengamati perilaku guru saat mengajar, para siswa dalam kegiatan kelas.

  • Suharsimi Arikunto

Observasi adalah pengamatan langsung dari lingkungan fisik atau pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berlangsungĀ  yang mencakup semua kegiatan perhatian ke objek dengan menggunakan alat penilaian sensorik. Atau sautu pekerjaan yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk mengumpulkan data dan melaksanakan prosedur yang sistematis dan tepat.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
  • Burhan

Observasi adalah kemampuan untuk menggunakan pengamatannya melalui karya salah satu indera yang mata dan dibantu oleh indera lainnya.

  • Karl Welck

Menunjukkan bahwa pengamatan mencatat, memilih, encoding, konversi dari serangkaian suasana hati dan perilaku yang terkait dengan organisasi sesuai dengan tujuan empiris. Menurut Arikunto, observasi adalah usaha sadar untuk mengumpilkan data dilakukan secara sistematis dengan prosedur standar.

  • Kartono

Observasi adalah studi yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis tentang fenomena acara sosial serta berbagai fenomena psikis melalui pengamatan dan pencatatan.

  • Sugiyono

Menurut dia, dalam arti pengamatan sederhana adalah proses penelitian dalam pandangan situasi penelitian. Pengamatan ini sangat relevan jika digunakan untuk penelitian atau kelas PTK tindakan yang terdiri dari pengamatan proses pembelajaran, sikap siswa dan perilaku juga interaksi antara siswa dan siswa lain dan siswa dengan guru.

  • Gibson, R.L.

Observasi adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurutkan judul dalam membuat keputusan dan kesimpulan tentang orang lain yang diamati, meskipun pengamatan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lain dari penilaian.

  • Mitchell. M.H

Observasi adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurutkan judul dalam membuat keputusan dan kesimpulan tentang orang lain yang diamati, meskipun pengamatan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lain dari penilaian.

  • Gall dkk

Observasi merupakan salah satu metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati perilaku dan lingkungan, baik sosial dan material dari individu atau kelompok yang diamati.

Kelebihan & Kekurangan Observasi

  • Kelebihan Observasi

Dapat merekam hal-hal, perilaku pertumbuhan, dan sehingga pada saat kejadian berlangsung atau saat perilaku terjadi. Dapat memperoleh data langsung dari subjek, yang keduanya dapat berkomunikasi secara verbal atau tidak.

  • Kelemahan Observasi

Dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil dari suatu peristiwa, seperti upacara pemakaman Toraja dalam kasus kematian, para peneliti akan harus menunggu untuk upacara adat. Pengamatan fenomena yang berlangsung lama, tidak bisa dilakukan secara langsung.

Kegiatan yang tidak mungkin untuk diamati, misalnya, kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti yang kita ingin tahu perilaku anak-anak sementara orang tua berpendapat, kita mungkin tidak pengamatan langsung dari konflik keluarga karena kurang jelas.

Demikian Penjelasan Tentang 14 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Terbaru Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€