13 Perbedaan Usus Halus Dan Usus Besar

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Untuk hal ini bagian usus sangat penting karena mereka menyerap nutrisi dan zat lain dari makanan dan menghilangkan produk-produk limbag dari tubuh.

13 Perbedaan Usus Halus Dan Usus Besar

Definisi Usus Halus

Usus halus merupakan panjang sekitar 4.5 m dan terletak di antara lambung dan usus besar. Usus halus terutama membantu untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan melalui proyeksi seperti jari kecil di permukaan bagian epitel yang disebut dengan vili.

Baik itu usus halus maupu usus besar dianggap sebagai bagian dari usus. Mereka telah struktur seperti tabung memanjang dengan lumen bagian dalam.

Permukaan apikal setiap sel epitel memiliki ekstensi sitoplasma disebut dengan mikrovili. Karena struktur khusus ini, dinding epitel usus halus disebut dengan perbatasan kuas.

Villi dan mikrovili meningkat luas untuk efisiensi penyerapan. Usus halus dapat dibagi menjadi tiga bagia yaitu duodenum, jejenum dan ileum. Pencernaan makanan terjadi terutama di duodenum dan jejunum.

Definisi Usus Besar

Usus besar terutama menghilangkan bahan limbah dari tubuh kita. Usus besar memiliki panjang ialah sekitar 1m dan membentuk bagian terakhir dari saluran pencernaan. Dalam pencernaan tidak berlangsung di dalam usus besar dan hanya sekitar 4% dari penyerapan cairan, khususnya air, terjadi di sana.

Dinding bagian dalam usus besar tidak memiliki villi dan memiliki luas permukaan serap yang sangat rendah. Fungsi usus besar termasuk penyerapan air dan limbah metabolik bakteri seperti K dan produksi bahan limbah yang disebut dengan feses.

Banyak bakteri hidup dan berkembang biak di daerah ini karena menyediakan bahan makanan yang tidak tercerna sebagai substrat untuk fermenrtasi bakteri.

Perbedaan Usus Halus Dan Usus Besar

  • Untuk usus halus lebih panjang dari usus besar.
  • Secara umum, lebar atau diameter dari usus halus ialah lebih kecil dari usus besar.
  • Hampir semua bagian dari usus halus kecuali duodenum bersifat mobile, sebaliknya banyak bagian dari usus besar kurang mobilitas.
  • Kemampuan isi usus halus lebih kecil dibandingkan isi usus besar.
  • Usus halus memiliki mesenterium yang melewati bawah melintasi garis tengah ke fosa iliaka kanan sedangkan usus besar tidak.
  • Usus besar memiliki penanda lemak yang melakat pada dinding yang dikenal sebagai “lapiran epiploicae” sedangkan usus halus tidak.
  • Dinding luar usus halus yang halus sedangkan usus besar yang seperti kantung.
  • Otot longitudinal usus halus membentuk lapisan kontinyu sekitarnya, sedangkan usus besar (kecuali usus buntu) direduksi yang membentuk tiga band yang disebut dengan “taniae coli”.
  • Membran mukosa usus halus memiliki vili yang tidak hadir dalam usus besar.
  • Dinding bagian dalam usus halus memiliki lipatan permanen yang disebut plicae circulares, sementara tidak ada lipatan tersebut ditemukan di dalam dinding usus besar.
  • Patch player’s “agregrasi jaringan limfoid” yang hadir hanya dalam selpaut lendir usus halus sedangkan mereka tidak hadir dalam usus besar.
  • Usus halus terletak di antara lambung dan usus besar, sedangkan usus besar ialah bagian terkahir dari saluran gastro-intestinal.
  • Fungsi dasar dari usus halus untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi, sedangkan usus besar ilah meyerap kembali zat-zat tertentu dari makanan yang tidak tercerna dan menghilangkan limbah.

Demikianlah pembahasan mengenai 13 Perbedaan Usus Halus Dan Usus Besar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 13 Perbedaan Usus Halus Dan Usus Besar
Shares