Apa itu Sistem Informasi
Apa itu Sistem Informasi

13 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Beserta Komponennya Lengkap

Posted on

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi atau disingkat (SI) merupakan sebuah kombinasi teknologi informasi dan aktivitas orang yang memakai teknologi itu untuk mendukung manajemen serta operasi. Dalam arti yang luas, sistem informasi yang paling sering dipakai merujuk pada interaksi antara orang, data, proses algoritmik, serta teknologi. Pengertiannya, istilah ini dipakai untuk merujuk tidak hanya pengguna organisasi teknologi informasi serta komunikasi (TIK), namun juga untuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Ada yang membuat perbedaan yang jelas diantara sistem informasi, serta komputer sistem TIK, serta proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi umumnya terlihat seperti mempunyai komponen TIK. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sistem Informasi juga mempunyai perbedaan dari proses bisnis. Dan sistem informasi juga membantu mengontrol kinerja proses bisnis.

Sistem Informasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar dengan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Menurut Rommey (1997: 16)

Sistem informasi adalah cara untuk memasukan, mengumpulkan, menyimpan serta mengolah data dan terorganisir dengan cara sebagai mengelola, menyimpan, melaporkan serta mengendalikan informasi dengan cara organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telag ditetapkan.

3. Menurut Tafri D. Muhyuzir

loading...

Sistem informasi merupakan data yang dukumpulkan, diolah, serta diklassifikasikan dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sistem informasi entitas terkait mengandung dan tungagal satu sama lain sehingga akan menjadi sistem informasi berharga bagi mereka yang mengirimnya.

4. Menurut O’Brien

Sistem informasi merupakan sebuah kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang (manusia), hardware (perangkat keras, software (perangkat lunak), jaringan komuniakasi data serta komputer, dan database (basis data) yang mengubah, mengumpulkan, serta menebarkan infomasi tentang yang bentuk organisasi.

5. Menurut Mc Leod

Sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber serta memakai berbagai media untuk menampilkan informasi.

Apa itu Sistem Informasi
Apa itu Sistem Informasi

6. Menurut Lani Sidharta

Sistem informasi merupakan sistem buatan dari manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

7. Menurut Leitch Rosses

Sistem informasi express ialah sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

8. Menurut Tata Sutabri, Kom., MM

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.

9. Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)

Sistem informasi merupakan sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data yang sesuai dengan instruksi serta mengeluarkan hasilnya.

10. Menurut Kertahadi (2007)

Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa dan memiliki manfaat untuk penggunanya. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

11. Menurut Erwan Arbie

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

12. Menurut John F. Nash (1995: 8)

Sistem informasi merupakan sebuah kombinasi dari manusia, teknologi, media, prosedur serta pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi, proses transaksi tertentu, membantu manajemen dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

13. Menurut Alter

Sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja merupakan sistem dimana manusia atau/dan mesin melakukan suatu pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk menghasilkan produk tertentu dan/atau jasa untuk pelanggan. Sistem informasi merupakan sistem kerja yang kegitannya dimaksudkan untuk pengolahan (transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil, serta menampilkan) informasi.

Dengan demikian, Sistem informasi yang saling berhubungan dengan sistem data di satu sisi serta sistem aktivitas di sisi lain. Sistem Informasi merupakan bentuk komunikasi sistem dimana data yang mewakili serta diproses untuk membentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia untuk mengambil sebuah keputusan serta tindakan.

  • Apa itu Sistem Informasi
  1. Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.
  2. Sistem informasi ini diselenggarakan kombinasi orang, software, hardware, jaringan komunikasi dan sumber data untuk mengumpulkan, mengubah, dan mendistribusikan informasi dalam sebuah organisasi.
  3. Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  4. Sistem informasi adalah kumpulan dari subsistem Dari fisik baik fisik dan non saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan dari mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Komponen Dari Sistem Informasi

komponen SI dalam prosedur yang berkaitan dengan manual prosedur dan prosedur berbasis komputer dan standar untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna. Prosedur adalah urutan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan satu atau lebih kegiatan pengolahan informasi. Memproses informasi ini dapat dilakukan oleh pengguna, atau kombinasi dari pengguna dan staf IT. Sebuah bisnis terdiri dari berbagai prosedur logis digabungkan untuk membentuk sebuah sistem. Sebagai contoh sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi adalah sistem penggajian, personil, akuntansi, dan gudang.

SI dapat dikategorikan dalam empat bagian:

  1. Sistem Informasi Manajemen
  2. Sistem pendukung keputusan
  3. Sistem Informasi Eksekutif
  4. Sistem Pemrosesan Transaksi

Demikian Penjelasan Diatas Tentang 13 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Beserta Komponennya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀