Pengertian sastra
Pengertian sastra

110 Pengertian Sastra Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Sastra

Posted on

Pengertian sastra menurut para ahli dan jenis-jenis sastra– Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan. Berikut sastra tidak banyak yang harus dilakukan dengan tulisan, namun bahasa yang digunakan sebagai wahana untuk mengungkapkan pikiran atau ide tertentu.

Pengertian Sastra

Sastra adalah kata pinjaman dari literatur Sanskerta, yang which berarti “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”, dari arti kata śās- “instruksi” dasar atau “mengajar”. Dalam kata Indonesia digunakan untuk merujuk pada “sastra” atau semacam tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Agak bias penggunaan sastra dan istilah sastra. Segmentasi Mengacu defenisinya literatur yang lebih tepat sebagai sebuah teks. Yang lebih mengarah ke nuansa puitis sastra sastra (abstrak). Contohnya, didefinisikan sebagai orang yang Pupuklah sastra, tidak sastra.

1. Ahmad Badrun, ditemukan Sastra adalah kegiatan seni yang menggunakan bahasa dan simbol lainnya garis sebagai alai, dan imajinatif.

2. Mursal Esten, Menyatakan sastra atau adalahpengungkapan sastra fakta sebagaimanifestasi artistik dan imajinatif kehidupan manusia (dan masyarakat) melaluibahasa sebagai media dan memiliki efek positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

3. Menurut Engleton, panggilan sastra “Tulisan yanghalus” (letters belle) dicatat bentukbahasa kerja. sehari-hari dalam berbagai cara dengan yangdipadatkan bahasa, didalamkan, tersusun, danditerbalikkan dipanjangtipiskan, membuat aneh.

4. Panuti Sudjiman, didefinisikan sebagai sebuah karya sastra lisan yang memiliki berbagai karakteristik atau tulisan keunggulan seperti keorisinalan, kesenian, keindahan dalam isi, danungkapannya.

loading...

5. Tarin, sastra adalah obyek dari gejolak emosional penulis dalammengungkapkan, seperti perasaan sedih, frustasi, gembira, dan sebagainya.

6. Sumarno, sastra merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yangmembangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.

7. Menurut Semi, sastra adalah bentuk kreatif dan hasil pekerjaanseni siapa objek adalah bahasa manusia dan kehidupannyamenggunakan sebagai media.

8. Menurut Sumardjo dan Sumaini, definisi sastra adalah:

  • Sastra adalah seni bahasa
  • Sastra adalah ekspresi spontan perasaan yang mendalam.
  • Sastra adalah ekspresi pikiran dalam bahasa
  • Sastra adalah kehidupan disegel bentuk dalamsebuah inspirasi dari keindahan.
  • Sastra adalah semua buku yang berisi perasaankemanusiaan kebenaran yang benar dan bermoral kesucian
  • dengansentuhan, luas pandang dan bentuk yang mempesona.

9. Damono, mengungkapkan bahwa kehidupan sastra menampilkan gambaran, dan kehidupan itu sendiri adalah realitas sosial. Dalam pengertian ini, kehidupan mencakuphubungan antar-masyarakat, antar-masyarakat dan individu, interpersonal, dan antar peristiwa terjadi dalam batin seseorang.

10. Suyitno, Sastra adalah sesuatu yang imajinatif, kreatif juga fiktif dan harus melayani dapat dipertanggungjawabkan.

11. Saini, sastra merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusiaberupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yang membangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.

Pengertian sastra
Pengertian sastra

Termasuk Kategori Sastra

  • Cerita / cerita pendek (tertulis / lisan)
  • Novel
  • Sajak
  • Teater / drama
  • Syair
  • Lukisan / kaligrafi

Sastra Nusantara

  1. Sastra Bali
  2. Sastra Batak
  3. Sastra Banjar
  4. Sastra Bugis
  5. Sastra Jawa
  6. Sastra Indonesia (Modern)
  7. Sastra Makassar
  8. Sastra Melayu
  9. Sastra Madura
  10. Sastra Aceh
  11. Sastra Minangkabau
  12. Sastra Sasak
  13. Sastra Sunda
  14. Sastra Indramayu
  15. Sastra Lampung

Sastra Barat (Eropa dan jajahannya)

  1. Sastra Inggris
  2. Sastra Italia
  3. Sastra Belanda
  4. Sastra Jerman
  5. Sastra Spanyol
  6. Sastra Latin
  7. Sastra Rusia
  8. Sastra Perancis
  9. Sastra Yunani

Sastra Asia

  1. Sastra Arab
  2. Sastra India modern
  3. Sastra Cina
  4. Sastra Ibrani
  5. Literatur Sansekerta
  6. Sastra Parsi

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sastra Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Sastra Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀