11 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

11 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap – Kredit ?? kredit adalah pemberian penggunaan suatu uang atau barang kepada orang lain di waktu yang tertentu dengan jaminan atau tidak dengan jaminan, dengan pemberian jasa atau bunga atau tanpa bunga. Untuk lebih meyakinkan lagi tentang definisi dari kredit disini akang mengulas pengertian kredit menurut para ahli. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

kredit

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli

1. Anwar

Menurut Anwar mengungkapkan bahwa kredit ialah suatu pemberian prestasi (jasa) dari pihak yang satu kepada pihak lain dan prestasinya akan dikembalikan lagi dalam jangka waktu tertentu dan uang sebagai kontraprestasinya (balas jasa).

2. Hasibuan

Menurut Hasibuan mengungkapkan bahwa kredit adalah semua jenis pinjaman yang harus dibayar bersama bunganya oleh sih peminjam seperti perjanjian yang sudah disepakati bersama.

3. Thomas Suyatno

Menurut Thomas Suyatno menyatakan bahwa Kredit adalah suatu penyediaan uang yang dapat disamakan dengan suatu tagihan-tagihannya yang sesuai dengan persetujuan antara peminjam dan yang meminjamkan.

4. Kasmir

Menurut Kasmir menyatakan bahwa Kredit ialah suatu pembiayaan yang bisa berupa uang ataupun tagihan yang nilainya bisa ditukar dengan uang.

5. Henry Dunning

Menurut Henry Dunning mengungkapkan bahwa kredit ialah saat yang dimana seseorang memberikan suatu jasa atas perjanjian untuk pembayarannya.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

 

6. Dr. Al-amin Ahmad

Menurut Dr. Al-amin Ahmad menyatakan bahwa Kredit adalah membayar hutang yang dilakukan secara berangsur-angsur setiap tempo yang telah ditetapkan atau ditentukan.

7. Muljono

Menurut Muljono menyatakan bahwa Kredit adalah suatu kemampuan untuk melakukan suatu pembelian atau melaksanakan sebuah pinjaman dengan perjanjian untuk membayar dalam waktu yang sudah ditentukan.

8. MecleodRivai dan Veithzal

Menurut keduanya menyatakan bahwa Kredit ialah suatu penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak kepada pihak lain atas dasar kepercayaan dengan sebuah perjanjian mampu atau bisa membayar pada tanggal yang sudah disepakati.

9. Undang – undang No 7 1998

Menurut Undang-Undang No 7 1998 menyatakan bahwa Kredit ialah suatu penyediaan tagihan dan uang yang bisa disamakan yang berdasarkan dengan kesepakatan atau persetujuan pinjam meminjam anata pihak bank dengan pihak lainnya dan untuk mewajibkan peminjam untuk melunasi hutangnya dengan jumlah bunga, imbalan atau bagi hasilnya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

10. Brymont P. Kent

Menurut Brymont P. Kent menyatakan bahwa kredit ialah hak untuk menerima pembayaran atau sebuah kewajiban dalam melakukan pembayaran pada waktu yang diminta atau pada waktu yang akan datang, dalam penyerahan suatu barang-barang pada waktu sekarang.

11. Rolling G. Thomas

Menurutnya Rolling G. Thomas menyatakan bahwa kredit ialah suatu kepercayaan si peminjam untuk membayar sejumlah uang pada waktu masa yang akan datang.

Didalam kerdit sesuatu pasti sudah ada perjanjian atau kontrak didalamnya antar kedua belah pihak yang sudah disetujui bersama-sama.

Itulah ulasan tentang 11 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.