109 Proses Dan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Aris Kurniawan

Pengertian Komunikasi

109 Pengertian Komunikasi menurut para ahli– Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Secara global, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti, komunikasi dapat dipakai dengan gerak tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Metode ini disebut komunikasi nonverbal.

Sejarah Singkat Komunikasi

Komunikasi berasal dari bahasa Latin “communis”, yang berarti ‘sama’. Communico yang berarti membuat sama (diumumkan). Komuniikasi dapat terjadi jika ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.  Sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu sama lain.

Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi merupakan hal-hal yang harus ada agar komunikasi dapat berlangsung baik. Menurut Laswell komponen komunikasi adalah:

  1. Komunikator (sender) merupakan pengiriman pesan kepada pihak lain.
  2. Pesan (message) adalah isi atau tujuan yang akan disampaikan oleh salah satu pihak kepada pihak lain.
  3. Channel (saluran) adalah media di mana pesan yang disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi interpersonal (tatap muka) mungkin saluran udara mengalir nada getaran / kebisingan.
  4. Receiver atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan pada isi pesan yang disampaikannya.
  6. Setuju aturan komunikator tentang bagaimana komunikasi dijalankan (“Protokol”).
pengertian komunikasi

Pengertian komunikasi

Proses Komunikasi

Proses berlangsungnya komunikasi dapat digambarkan seperti dibawah ini:

  • Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang tuju. Pesan yang diberikan (disampaikan) itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
  • Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Misal: berbicara langsung melalui telepon, e-mail, surat atau media lainnya.[butuh rujukan] media (channel).
  • Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
  • Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

Model-Model Komunikasi

Dari berbagai jenis dan model komunikasi yang sudah ada sebelumnya, Ada tiga dari model yang paling penting, serta pendekatan yang mendasari akan dibahas dan bagaimana komunikasi dikonseptualisasikan dalam perkembangannya.

  • Model Komunikasi Linear

Model komunikasi ini dikemukakan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver pada tahun 1949. Mereka menggambarkan komunikasi sebagai proses linear karena tertarik pada teknologi radio dan telepon dan ingin mengembangkan model yang dapat menjelaskan bagaimana informasi melewati berbagai saluran (channel). Hasilnya adalah konseptualisasi linear komunikasi (model komunikasi linear).

  • Model Interaksional

Model interaksional dikembangkan oleh Wilbur Schramm pada tahun 1954 yang menekankan proses komunikasi dua arah antara komunikator. Dengan kata lain, komunikasi adalah dua arah: dari pengirim dan penerima dan dari penerima ke pengirim. Proses melingkar ini menunjukkan bahwa komunikasi selalu berlangsung.

  • Model transaksional

Model komunikasi transaksional dikembangkan oleh Barnlund di tahun 1970. Ini menggarisbawahi pengiriman dan penerimaan pesan yang dipertukarkan terus di episode komunikasi. Komunikasi adalah proses kooperatif transaksional: pengirim dan penerima sama-sama bertanggung jawab atas dampak dan efektivitas komunikasi terjadi. Dikutip dari : Wikipedia.org

Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi

  • Latar belakang budaya.

Interpretasi pesan dapat terbentuk dari pola pikir seseorang, sehingga latar belakang budaya yang sama antara komunikator dengan komunikan komunikasi yang lebih efektif.

  • Ikatan kelompok atau group.

Harapan dapat mempengaruhi penerimaan sebuah pesan sehingga membuat menerima pesan seperti yang diharapkan.

  • Harapan

Pendidikan tinggi akan perspektif yang lebih kompleks dalam menyikapi isi pesan.

  • Situasi

Perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan / situasi.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

  • Raymond Ross: Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima untuk menghasilkan respon pesan / makna berpikir sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
  • Gerald R. Miller: Komunikasi terjadi ketika salah satu sumber untuk menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
  • Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber ke satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  • Carl I. Hovland: Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang untuk memberikan stimulasi (biasanya dengan menggunakan lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
  • New Comb: Komunikasi merupakan transmisi sebuah informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
  • Bernard Barelson & Garry A. Steiner: Komunikasi adalah proses alat penghubung informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan kata-kata, simbol-simbol, gambar, angka, grafik, dll.
  • Colin Cherry: Komunikasi merupakan sebuah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama dan link komunikasi yang mengikat yang ditimbulkan oleh generasi berikutnya rangsangan dan tanggapan.
  • Menurut Forsdale (1981) seorang ahli pendidikan terutama ilmu komunikasi : Menurut Forsdale (1981), seorang ahli pendidikan, terutama ilmu komunikasi: Dia menjelaskan dalam sebuah kalimat yang “komunikasi adalah proses dimana sistem ini didirikan, dipelihara dan diubah dengan cara sinyal sepanjang Operasi Menurut aturan”. Komunikasimerupakan sebuah proses dimana sistem ini dipelihara, didirikan, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal tersebut dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.
  • Analisis : Komunikasi adalah alat yang digunakan sehari-hari dalam pesan / stimulus (stimulus) yang terbentuk melalui proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Satu sama lain untuk memiliki peran dalam menciptakan pesan, mengubah makna, mempertahankannya di ruang publik. Dengan tujuan “penerima” (komunikan) dapat menerima sinyal atau pesan yang dikirim oleh “sumber” (komunikator).
  • William J.Seller  mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirim, diberi makna dan diterima.

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com :D

Most popular articles related to 109 Proses Dan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Shares