106 Struktur Tulang Belakang Pada Tubuh Manusia Dan Fungsinya

Aris Kurniawan

Struktur tulang belakang pada tubuh manusia dan fungsinya– Sebuah tulang punggung terdiri dari dua bagian yaitu tubuh anterior terdiri dari tulang atau tulang corpus, dan bagian posterior yang terdiri dari arcus vertebrae. Arcus vertebrae dibentuk oleh dua “kaki” atau Pediculus dan dua lamina, dan didukung oleh penonjolan atau procesus yakni procesus articularis, procesus melintang dan procesus spinosus.

Tulang punggung

Tulang punggung (vertebra) adalah tulang yang tidak teratur, membentuk bagian belakang yang mudah untuk bergerak. Ada 33 tulang belakang manusia, 5 dari which bergabung untuk membentuk sakral, dan empat tulang membentuk tulang ekor (tulang ekor).

Tiga bagian di atasnya terdiri dari 24 tulang dibagi menjadi 7 tulang cervical (leher), 12 tulang belakang dada (thorax atau dada) dan, 5 tulang lumbal. Jumlah kelainan tulang belakang dapat terjadi. Kelainan langka adalah bagian leher.

  • Struktur umum

Proses pembentukan lubang yang disebut foramen vertebrale. Ketika tulang punggung disusun, foramen ini akan membentuk saluran sebagai sumsum tulang belakang atau sumsum tulang belakang. Di antara dua tulang punggung dapat ditemukan retakan disebut foramen intervertebrale.

  • Backbone serviks (Tulang punggung cervical)

Umumnya memiliki bentuk tulang kecil dengan tulang belakang atau procesus spinosus (bagian seperti tulang sayap belakang) pendek, kecuali tulang 2 dan 7 yang procesus spinosusnya singkat. Diberi nomor dalam urutan C1-C7 (C dari cervical), namun beberapa memiliki sebutan khusus seperti C1 atau atlas, C2 atau sumbu.
Setiap Mamalia memiliki tujuh tulang leher, tidak peduli berapa lama leher.

Sumsum Tulang Belakang

  1. Sumsum tulang belakang adalah saraf yang tipis merupakan perpanjangan dari otak dan sistem saraf pusat dilindungi oleh kubah dan tulang belakang.
  2. Fungsi utama dari sumsum tulang belakang adalah dimasukkannya transmisi antara stimulasi perifer dan otak.
  3. Fungsi lainnya adalah untuk mengontrol refleks sumsum tulang belakang, termasuk gerakan refleks dari mata, hidung, dan lain-lain.
Struktur dan fungsi tulang belakang

Struktur dan fungsi tulang belakang

  • Tulang punggung thorax

Procesus spinosusnya akan berhubungan dengan tulang rusuk. Beberapa gerakan melingkar dapat terjadi. Bagian ini juga dikenal sebagai ‘tulang punggung dorsal’ dalam konteks manusia. Bagian ini diberi nomor T1 untuk T12.

  • Tulang punggung lumbal

Bagian ini (L1-L5) adalah konstruksi yang paling kuat dan menanggung beban orang lain. Bagian ini memungkinkan gerakan fleksi dan ekstensi tubuh, dan beberapa gerakan rotasi dengan tingkat kecil.

  • Tulang punggung sacral

Ada 5 tulang di bagian ini (S1-S5). Tulang datang bersama-sama dan tidak memiliki celah atau diskus intervertebralis sama lain.

  • Tulang punggung coccygeal

Ada 3 sampai 5 tulang (CO1-CO5) bergabung satu sama lain dan tanpa celah. Beberapa hewan memiliki tulang ekor atau tulang ekor yang banyak, maka disebut tulang punggung ekor (tail berarti ekor).

Baca juga:

 

Demikian Penjelasan Tentang Struktur Tulang Belakang Pada Tubuh Manusia Dan Fungsinya Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 106 Struktur Tulang Belakang Pada Tubuh Manusia Dan Fungsinya
Shares