101 Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

Aris Kurniawan

101 Bagian sel tumbuhan dan fungsinya terlengkap– Dibawah ini adalah pejelasan tentang sel tumbuhan dan fungsi dari sel-sel tumbuhan yang dapat kita pelajari dan dipahami agar kita dapat mengetahui apa saja nama-nama sel yang ada pada sel tumbuhan.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan merupakan sebuah bagian terkecil dari organ tumbuhan manusia. Sel dari tumbuhan berbeda dibandingkan dengan sel organisme eukariotik yang lainya. Sel tumbuhan merupakan sebuah penggerak dalam tumbuhan itu sendiri. Dan memiliki perbedaan dari fitur-fitur seperti :

1. Vakuola besar (dikelilingi oleh membran, yang disebut dengan tonoplas, dan mengontrol pergerakan molekul dan menjaga turgor sel di antara getah dan sitosol.

2. Dinding sel yang mempunyai susunan atas protein dan selulosa, dalam banyak kasus lignin, disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini memiliki perberbedaan dibandingkan dinding sel fungi, yang dibuat dari prokariotik dan kitin yang dibuat dari peptidoglikan.

3. Plasmodesmata adalah pori-pori penghubung di dinding sel yang memungkinkan setiap sel dapat tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya. Ini sangat berbeda dengan jaringan hifa yang dipakai oleh fungi.

4. Plastida atau khususnya kloroplas yang mengandung klorofil, pigmen yang membuat warna hijau pada tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis.

5. Dlam kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk tumbuhan berbuga dan konifer) juga tidak mempunyai sentriol yang ada di sel hewan.

Tipe Sel Tumbuhan

  1. Sel Parenkim memiliki fungsi sebagai penyokong berdirinya sebuah tumbuhan, juga merupakan dasar untuk seluruh fungsi dan struktur tumbuhan. Sel parenkim mempunyai sitoplasma yang sangat fungsional dan dinding primer yang begitu tipis. Sel ini akan hidup pada saat dewasa, dan bertanggung jawab sebagai fungsi biokimia.
  2. Sel Kolenkim disusun sebagai silinder atau balok dekat dengan permukaan korteks pada daun batang dan batang dan daun yang besar pada tulang sepanjang daun. Kolenkim merupakan jaringan hidup, terkait erat dengan parenkim, secara khusus sebagai advokat untuk organ muda. Baris sel berkisar membentuk prisma berbentuk panjang. Dinding tidak menebal dengan merata. Sel-sel parenkim memiliki dinding sekunder dan lignin. Sel Kolenkim memiliki dinding primer lebih tebal dari sel parenkim.
  3. Sel-sel sklerenkim membentuk kumpulan terus menerus sel atau dalam bentuk file ramping. Selain itu, ada juga sklerenkim terpisah antara sel-sel lain. Sklerenkim dapat tumbuh dalam tubuh tanaman primer atau sekunder. Dinding tebal,  sering berlignin dan sekunder, dan saat dewasa protoplas akan hilang.

Jaringan sklerenkim juga termasuk jenis jaringan permanen yang sederhana. Dalam jaringan sel ada dua jenis sel, yaitu, serat dan sklereida. Kedua jenis sangat sel berdinding tebal yang mengandung selulosa dan lignin yang disekresikan oleh sel-sel protoplas. Protoplas mati jika dinding mencapai ketebalan teratas. Sel serat sangat panjang dengan ujungnya yang runcing dari sel.

Fiber memiliki kekuatan besar dan fleksibilitas. Karena kekuatan dan fleksibilitas dari sel-sel yang digunakan dalam pembuatan berkelok-kelok, tali, tikar dan berbagai tekstil. Sklereida seperti serat berdinding tebal dan keras, tapi sklereida singkat sel dan tidak sepanjang serat. Sklerida dapat ditemukan misalnya pada apel, sklereida membangun kulit bagian pohon penting.

fungsi sel tumbuhan

Fungsi sel tumbuhan

Tipe jaringan Tmbuhan

Sel Arabidopsis
1. Jaringan epidermis – jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan
2. Jaringan pengangkut – berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan
3. Jaringan tanah – melakukan fotosintesis, penyokong struktur dan menyimpan makanan.

  • Parenkim – Dinding primer tipis, tidak memiliki dinding sekunder; dapat berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi.
  • Kolenkim – Dinding primer yang tebal, bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh.
  • Sklerenkim – Dinding sekunder tebal, menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuh.

Bagian Sel Tumbuhan

  1. Dinding sel
  2. Vakuola: Tonoplas, Kristal
  3. Badan golgi
  4. Retikulum endoplasma
  5. Plastida : Kloroplas, Leukoplas, Kromoplas
  6. Ribosom
  7. Membran sel
  8. Mitokondrion
  9. Mikrotubula
  10. Lisosom
  11. Mikrofilamen
  12. Plasmodesma
  13. Tubuh mikro
  14. Nukleus: Membran nuklear, Pori-pori nuklear, DNA, Kromatin, RNA ( RNA transpor dan RNA duta).
  15. Hyaloplasma

Demikian Penjelasan Tentang 101 Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to 101 Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap
Shares