1001 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli “ Lengkap ”

Posted on

GuruPendidikan.Com – Pengertian Komunikasi ialah suatu proses yang dalam mana seseorang atau dari beberapa orang kelompok, masyarakat dan organisasi yang menciptakan dan menggunakan sebuah informasi agar dapat terhubung dengan lingkungan orang lain. Secara umum komunikasi dilakukan dengan lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak masing-masing.

komunikasi 3

1001 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli “ Lengkap ”

Jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti dari keduanya untuk berkomunikasi masih bisa dilakukan dengan cara menggunakan gerak gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, seperti tersenyum menggelengkan kepala atau dengan mengangkat bahu cara yang demikian disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Sejarah Komunikasi

Sejarah komunikasi atau communicaton yang berasal dari bahasa latin communis yang berarti sama, communico, communication atau communicare yang berarti membuat sama ( make to coomon ). Sederhananya komunikasi bisa terjadi jika ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh karena itu komunikasi sendiri tergantung pada kemampuan kita untuk dapat bagaimana memahaminya satu dengan yang lainnya.

Baca juga :

Pada awal mulanya komunikasi tersebut digunakan dalam mengungkapkan kebutuhan/keperluan organisasi sinyal kimiawi pada organisasi awal yang digunakan untuk reproduksi. Dengan seiringnya evolusi kehidupan manusia maka sinyal kimiawi primitive yang telah digunakan didalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit.

Meskipun komunikasi sudah dipelajari sejak lama dan termasuk barang yang antik, tapi pada kenyataan topic ini tetap menjadi hal yang penting khususnya sekitar pada abda 20 karena yang semakin pertumbuhan komunikasi digambarkan sebagai ( penemuan yang revolusioner ). Hal ini disebabkan peningkatkan teknologi komunikasi yang begitu sangat pesat seperti radio, telvisi, satelit dan jaringan komputer.

Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi ialah hal yang harus ada ( berwujud ) agar berkomunikasi dapat berlangsung dengan sangat baik, inilah beberapa komponen didalam komunikasi yaitu :

  • Pesan ( message ) ialah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh pihak kepada pihak yang lain.
  • Pengirim/komunikator ( sender ) ialah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak yang lain.
  • Penerima/komunikate ( receiver ) ialah pihak yang menerima pesan dari pihak yang lain.
  • Saluran ( Channel ) ialah sebuah media yang dimana pesan dapat disampaikan kepada komunikan dalam komunikasi antar-pribadi ( tatap muka ) saluran dapat berupa udara yang mengalir getaran nada atau suara.
  • Umpan balik ( feedback ) ialah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.

Pengertian Komunikai Menurut Para Ahli

Pengertian komunikasi menurut para pakar komunikasi yang mengacu pada aktivitas hubungan manusia yang biasanya terjadi dengan secara langsung maupun secara tidak langsung didalam kehidupan sehari-hari. Nah dibawah ini akan dijelaskan tentang apa itu komunikasi menurut berbagai ahli dunia yang telah memberikan sumbangan pemikirannya seperti apa pengertian komunikasi menurut mereka !!!

Berikut ini beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli :

  • Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid ( Komunikasi ) ialah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
  • Menurut Harorl D. Lasswell ( Komunikasi ) ialah pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa ? dengan akibat apa atau hasil apa.
  • Menurut Shannon & Weaver ( Komunikasi ) ialah bentuk komunikasi/interaksi  manusia saling pengaruh mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk/wujud dalam komunikasi yang menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal eksprensi wajah/muka, lukisan, seni, dan teknologi.
  • Menurut Raymond S. Ross ( Komunikasi ) ialah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan/mentranfer symbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu dalam pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
  • Menurut Everett M. Rogers ( Komunikasi ) ialah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  • Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner ( Komunikasi ) ialah Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan dan sebagainya dengan menggunakan symbol-simbol atau kata-kata, gambar, figure, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.
  • Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot ( Komunikasi ) ialah suatu usaha untuk memperoleh makna.
  • Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri ( Komunikasi ) ialah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  • Menurut Carl I. Hovland ( Komunikasi ) ialah proses yang memungkinkan seseorang ( komunikator ) menyatakan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain.
  • Menurut William I. Gordon ( Komunikasi ) ialah secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.
  • Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss ( Komunikasi ) ialah proses makna diantara dua orang atau lebih.
  • Menurut M. Djenamar, SH ( Komunukasi ) ialah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.
  • Menurut William Albig ( Komunikasi ) ialah proses pengoperan lambing yang berarti diantara indivindu-induvindu.
  • Menurut Judy C pearson & Paul E melson ( Komunikasi ) ialah proses memahami dan berbagai makna.
  • Menurut Anwar arifin ( Komunikasi ) ialah merupakan sebuah konsep yang multi makna. Makna komunikasi ini bisa dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. yang dimana para pakar ilmu sosial melakukan riset dengan teknik menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.
  • Menurut Murphy & Mendelson ( Komunikasi ) ialah merupakan suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.
  • Menurut Aristoteles ( Komunikasi ) ialah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi.
  • Menurut Anderson ( Komunikasi ) ialah merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.
  • Menurut Hoben ( Komunikasi ) ialah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.
  • Menurut Barnlund ( Komunikasi ) ialah timbul dorong oleh kebutuhan untuk dapat mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  • Menurut Lexigrapher ( Komunikasi ) ialah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukaran adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  • Menurut Redi Panuju ( Komunikasi ) ialah aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisai sehingga menghasilkan suatu sinergi.
  • Menurut William J. Seller ( Komunikasi ) ialah proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
  • Menurut Colin Cherry ( Komunikasi ) ialah penggunaan lambing-lambang ( symbols ) untuk mencapai kesamaan makna atau berbagi informasi tentang satu objek atau kejadian. Informasi disampaikan diterima secara akurat, receiver akan memiliki informasi yang sama seperti yang dimiliki sender, oleh karena itu tindak komunikasi telah terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai 1001 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli “ Lengkap ” ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sekian dan terima kasih. 🙂