100 Penjelasan Faktor Penyebab Mutasi Gen Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Mutasi berasal dari kata mutates yang berarti perubahan, Mutasi merupakan perubahan materi genetic (DNA) yang bisa diwariskan secara genetis pada keturunannya. Agen yang dapat menyebabkan mutasi disebut dengan mutagen, sedangkan untuk organisme yang telah mengalami mutasi disebut dengan mutan.

Faktor Penyebab Mutasi Gen

Macam-Macam Mutasi

Dalam hal ini mutasi dapat dibedakan menjadi mutasi tingkat gen dan mutasi tingkat kromosom, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Mutasi Gen

Untuk mutasi jenis ini dapat dibedakan menjadi delesi dan insersi serta substitusi

Mutasi Kromosom

Mutasi jenis ini dapat dibedakan menjadi antara lain yaitu:

Aberasi (kerusakan kromosom) yang terdiri dari:

  • Inversi yaitu perubahan urutan gen pada kromosom akibat berpindahnya gen dari satu loku ke lokis yang lain.
  • Delesi yaitu fragmen kromosom patah sehingga kromosom tersebut kehilangan gen tertentu, apabila fragmen kromosom itu menempel kembali pada kromosom yang sama, tetapi urutannya terbalik maka disebut dengan inversi. Tetapi jika fragmen kromosom tersebut menempel pada kromosom homolognya maka akan terjadi duplikasi dan apabila fragmen kromosom menempel pada kromosom bukan homolognya maka akan terjadi translokasi.
  • Aneuploidi yaitu perubahan set atau perangkat kromosom dari diploid (2n) menjadi 3n, 4n dan seterusnya. Aneuploidi bisa terjadi karena gagal berpisahnya saat meiosis (autopoliploidi) atau perkawinan individu yang berbeda jumlah kromosomnya (allopoliploidi).

Aneusomi yaitu variasi jumlah kromosom akibat pengurangan atau penambahan satu atau sejumlah kromosom, adapun beberapa perubahan yang mungkin bisa terjadi ialah:

loading...
  • Monosomi yaitu kehilangan satu kromosom sehingga pada manusia genomnya menjadi 2n-1, kelainan monosomi bisa mengakibatkan sindrom turner (44A + XO).
  • Nulisomi yaitu kehilangan 2 kromosom sehingga genomnya menjadi 2n-2.
  • Trisomi yaitu kelebihan satu kromosom pada salah satu kromosom homolgnya, kelainan akibat trisomy itu sendiri bisa menyebabkan sindrom patau (trisomy pada kromosom 13,14, 15), dan sindrom edward (trisomy pada kromosom 16, 17 atau 18), sindrom down (trisomy pada kromosom 21), sindrom klinefelter ( kelebihan genosom menjadi menjadi 44A + XXY), dan pada wanita super (44A + XXX) dan laki-laki super (44A + XYY).
  • Tetrasomi yaitu kelebihan 2 kromosom sehingga genomnya menjadi 2n + 2.

Faktor Penyebab Mutasi

Ada beberapa faktor penyebab mutasi (mutagen) dapat kita bedakan menjadi:

  • Fisik yaitu suhu, radiasi sinar ultraviolet, alfa, beta, gamma, sinar-X dan juga radioaktif.
  • Kimiawi yaitu asam nitrat, hidroksil amino, kolkisin dan digitonin.
  • Biologis yaitu berupa virus.

Mutasi Yang Menguntungkan

Mutasi buatan yang banyak telah dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan tanaman yang menguntungkan manusia, contohnya padi Atomita I dan II, kedelai muria, semangka tanpa biji dan juga beberapa produk lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai 100 Penjelasan Faktor Penyebab Mutasi Gen Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: