10 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

samhis setiawan

10 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap Dalam Sosiologi

GuruPendidikan.Com – Kata Stratifikasi sosial dalam hal ini berasal dari bahasa latin, yaitu stratum yang memiliki arti tingkatan dan socius yang berarti teman atau masyarakat. Jadi dalam hal ini secara umum dapat kita katakan bahwa pengertian stratifikasi sosial merupakan tingkatan sosial yang ada dalam masyarakat.

Stratifikasi sosial berasal dari kiasan yang menggambarkan keadaan kehidupan masyarakat. Stratifikasi sosial “sosial stratifikasion” ialah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingakt “hierarkis”. Dengan kata lain, perbedaan kedudukan akan menimbulkan stratifikasi sosial atau pelapisan sosial. Yang dalam perwujudan dari adanya stratifikasi sosial atau pelapisan sosial ialah adanya perbedaan golongan tingkat kedudukan atau kelas.

Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli

Nah berikut ini beberapa pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

Menurut Robert M. Z. Lawang

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege dan prestise.

Menurut Horton Dan Hunt

Menurutnya Stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto

Menurutnya Startifikasi sosial ialah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.

Menurut Bruce J. Cohen

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.

Menurut Astrid S. Susanto

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertikal maupun horizontal dalam masyarakat.

Menurut Pitirim A. Sorokin

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah pembedaan penduduk atay masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat “hierarkis”. Perwujudannya ialah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, setiap lapisan itu disebut dengan strata sosial. Ditambahkan bahwa stratifikasi sosial merupakan ciri yang tetap pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lapisan-lapisan di dalam masyarakat memang tidak jelas batas-batasnya, tetapi tampak bahwa setiap lapisan akan terdiri atas individu-individu yang mempunyai tingkatan atau strata sosial yang secara relatif adalah sama.

Menurut P.J. Bouman

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah golongan manusia dengan ditandai suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hal istimewa yang tertentu dan karena itu menuntut gengsi kemasyarakatan.

Menurut Soerjono Soekanto

Menurutnya Stratifikasi sosial ialah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan yang berbeda-beda secara vertikal.

Menurut Paul B. Horton Dan Chester L. Hunt

Menurutnya stratifikasi sosial ialah sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Menurut Max Weber

Menurutnya Stratifikasi sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 10 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
Shares