Pengertian Penginderaan Jauh
Pengertian Penginderaan Jauh

10 Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

Posted on

10 Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli– Di zaman modern, istilah ini mengacu pada teknik instrumen penginderaan jauh yang melibatkan pesawat atau pesawat ruang angkasa dan dibedakan dengan merasakan seperti penginderaan medis atau fotogrametri. Walaupun semua hal yang berkaitan dengan aplikasi yang sebenarnya astronomi dari penginderaan jauh (remote fakta penginderaan intensif), istilah “penginderaan jauh” lebih umum untuk menangani pengamatan terestrial dan cuaca.

Pengertian Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh perangkat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat ruang angkasa, satelit, kapal atau cara lain.

Contoh satelit penginderaan jauh bumi pengamatan, antara lain, satelit cuaca, memonitor janin dengan USG dan pesawat ruang angkasa yang memantau planet dari orbit. Penginderaan berasal dari penginderaan jauh, télédétection Perancis, fernerkundung Jerman, Remota sensoriamento Portugis, Spanyol dan Rusia terpencil percepcion distangtionaya.

Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

  1. American Society of Photogrammetry, Penginderaan jauh adalah pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan tape recorder untuk menghindari kontak fisik dengan objek atau fenomena yang diteliti.
  2. Avery, Penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, mengindikasikan (mengidentifikasi) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah penelitian.
  3. Campbell, Penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi tentang permukaan bumi seperti tanah dan air dari gambar yang diperoleh dari kejauhan.
  4. Colwell, Jauh Penginderaaan bahwa yang merupakan pengukuran atau akuisisi data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek untuk merasa.
  5. Curran, Sensing yang menggunakan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
  6. Lillesand, Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni Mendapatkan informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau gejala dinilai.
  7. Kiefer, Penginderaan jauh merupakan seni dan ilmu mendapatkan informasi tentang suatu objek dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung.
  8. Lindgren, Penginderaan jauh adalah berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.
  9. Welson, Penginderaan jauh adalah ilmu, seni dan teknik untuk Mendapatkan obyek, daerah dan gejala menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.
  10. Bufon, Penginderaan jauh merupakan ilmu untuk mendapatkan obyek, daerah menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.
Pengertian Penginderaan Jauh
Pengertian Penginderaan Jauh

Komponen-Komponen Penginderaan Jauh

Sumber Tenaga

Sebuah sumber daya dalam proses penginderaan jauh terdiri dari:

  • Sistem pasif adalah sistem yang menggunakan sinar matahari
  • Sistem aktif adalah sistem yang menggunakan tenaga buatan seperti microwave

Atmosfer

Lapisan udara yang terdiri dari berbagai jenis gas, seperti O2, CO2, nitrogen, hidrogen dan helium. Molekul gas yang terkandung dalam atmosfer dapat menyerap, mencerminkan dan lulus radiasi elektromagnetik.

Di dalam ada istilah penginderaan jauh Atmospheric Window, yang merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik yang dapat mencapai bumi. Negara di atmosfer dapat menjadi sumber penghalang energi radiasi yang mencapai permukaan bumi. Kondisi cuaca berawan menyebabkan sumber daya tidak dapat mencapai permukaan bumi.

Interaksi antara tenaga dan objek

Interaksi antara tenaga kerja dan obyek dapat dilihat dari warna yang dihasilkan oleh foto udara. Setiap objek memiliki karakteristik yang berbeda untuk mencerminkan atau mengirimkan daya ke sensor.

Objek yang memiliki reflektansi yang tinggi akan terilhat cerah dalam gambar, sedangkan objek pantulnya daya rendah akan muncul gelap dalam gambar. Contoh: Permukaan puncak gunung tertutup oleh salju memiliki reflektifitas tinggi terlihat lebih cerah, dari permukaan puncak gunung ditutupi oleh lahar dingin.

Sensor dan Wahana

Sensor adalah alat monitoring yang dipasang pada kendaraan, dua pesawat dan satelit. Sensor dapat dibagi menjadi dua:

  • Sensor fotografi, merekam obyek melalui proses kimia. Sensor ini menghasilkan gambar.
  • Sensor elektronik, bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal.

Ini adalah kendaraan untuk kendaraan / media yang digunakan untuk membawa sensor untuk memperoleh penginderaan jauh. Dengan persedaran tinggi dan pemantauan di ruang angkasa.

Perolehan Data

Data yang diperoleh dari penginderaan jauh ada 2 jenis:

  • Data manual, didapatkan melalui interpretasi citra. Untuk melakukan alat yang diperlukan disebut citra stereoscope panduan interpretasi. Stereoscope dapat digunakan untuk melihat benda-benda tiga dimensi.
  • Data numerik (digital), diperoleh melalui penggunaan perangkat lunak penginderaan jauh secara khusus diterapkan pada komputer.

Pengguna Data

Data pengguna merupakan komponen penting dari sistem penginderaan akhir, orang atau lembaga yang menggunakan hasil penginderaan jauh. Jika tidak ada pengguna, maka data penginderaan tidak ada manfaat.

Teknik pengumpulan data

Data dapat dikumpulkan oleh berbagai peralatan tergantung pada objek atau fenomena yang diamati. Umumnya, teknik memanfaatkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh penginderaan jauh atau dipantulkan oleh objek yang diamati pada frekuensi tertentu seperti inframerah, cahaya tampak, oven microwave, dll

Hal ini memungkinkan untuk fakta bahwa benda yang diamati (pohon, rumah, air permukaan, udara, dll) memancarkan atau memantulkan radiasi dalam panjang gelombang dan intensitas yang berbeda. Metode lain penginderaan jauh, antara lain, melalui gelombang suara, medan gravitasi atau magnet.

Manfaat Penginderaan Jauh

  • Bidang meteorologi dan klimatologi (NOAA)
  • Bidang oseanografi
  • Bidang hidrologi (Landsat, SPOT)
  • Bidang geologi
  • Bidang Kelautan (Seasat, MOS)

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀