10 Pengertian Pantun Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Sastra yang merupakan wujud gagasan, yang dimana pantun seseorang yang melalui pandangan terhadap lingkungan sosial yang berada di sekitarnya dengan menggunakan bahasa yang indah. Sastra hadir sebagai hasil perenungan pengarang terhadap fenomena yang ada, saatra sebagai karya fiksi yang dalam hal ini memiliki pemahaman yang lebih mendalam bukan hanya sekedar cerita khayal atau angan dari pengarang saja, melainkan wujud dari kreativitas pengarang dalam menggali dan mengola gagasan yang ada dalam pikirannya.

10 Pengertian Pantun Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian Pantun

Pantun ialah karya fiksi yang dibangun melalui berbagai unsure keindahan penyusunan kosakata, unsure-unsur tersebut sengaja dipadukan pengarang dan dibuat mirip dengan dunia yang nyata lengkap dengan peristiwa-peristiwa di dalamnya, yang sehingga Nampak seperti sungguh ada dan terjadi.

Unsur inilah yang akan menyebabkan karya sastra hadir, unsure intrinsic sebuah pantun ialah unsur yang secara langsung membangun sebuah cerita. Keterpaduan berbagai unsur intrinsik ini akan menjadikan sebuah pantun yang sangat bagus. Kemudian untuk dapat menghasilkan pantun yang bagus juga sangat diperlukan pengolahan bahasa. Bahasa merupakan sarana atau media untuk menyampaikan gagasan atau pikiran pengarang yang akan dituangkan sebuah karya yaitu salah satunya pantun tersebut.

Pengertian Pantun Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian pantun menurut para ahli yang antara lain yaitu:

Menurut Herman J Waluyo “2005:32”

Pantun merupakan puisi melayu asli yang sudah mengakar lama di budaya masyarakat.

Menurut Kaswan Dan Rita “2008:77”

Pantun merupakan jenis puisi melayu lama yang satu baitnya terdiri atas empat larik dan bersajak a-b-a-b, larik pertama dan kedua berupa sampiran, sedangkan larik ketiga dan keempat berupa isi sampiran tidak berisi maksud hanya diambil rima persajaknya, jadi hendak membuat pantun, sebaiknya membuat dulu isinya kemudian menyusul sampirannya.

Menurut Edi Dan Farika “2008:89”

Pantun merupakan bentuk puisi lama yang dikenal luas dalam berbagai bahasa di nusantara, dalam bahasa Jawa pantun dikenal sebagai parikan, sedangkan dalam bahasa sunda pantun dikenal sebagai paparikan.

Menurut Alisyahbana “2004:1”

Pantun merupakan puisi lama yang sangat dikenal oleh orang dulu atau sangat dikenal pada masyarakat lama. Pantun memiliki ciri-ciri seperti tiap bait terdiri dari empat baris dan setiap baris terdiri atas 4-6 kata atau 8-12 suku kata. Dimana baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Menurut Hidayat “2010:1”

Pantun merupakan salah satu jenis puisi melayu lama yang secara luas dikenal di tanah air kita.

Menurut Sunarti “2005:11”

Pantun sebagai salah satu bentuk puisi lama, memiliki keindahan tersendiri dari segi bahasa, yang salah satu keindahan bahasa dalam pantun ditandai oleh rima a-b-a-b.

Menurut R.O. Winsted

Pantun tidaklah sebatas gubahan suatu kalimat yang mempunyai rima serta irama, namun ialah sebuah rangkaian kata yang indah untuk melukiskan suatu kehangatan cinta, kasih saying serta rindu, dendam, penuturnya.

Menurut Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia “2008:1016”

Pantun ialah suatu bentuk puisi Indonesia “melayu”, tiap bait “kuplet” terdiri dari sebuah empat baris yang bersanjak “a-b-a-b”, pada tiap larik biasanya terdiri atas sebuah empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk suatu tumpuan “sampiran” saja sedangkan pada beris ketiga dan keempat ialah isi; pribahasa sindiran.

Menurut Dr. R. Brandstetter

Menurut Dr. R. Brandstetter menyatakan bahwa pantun berasal dari akar kata tun, yang terdapat dalam berbagai bahasa di Nusantara, misalnya dalam sebuah bahasa Pampanga, tuntun bermakna teratur, didalam bahasa Tagalog, tonton bermakna bercakap sesuai dengan aturan tertentu, dalam bahasa Jawa Kuno, tuntun yang artinya benang dan atuntun yang berarti teratur serta metuntun yang artinya memimpin. Dalam bahasa Toba pantun yang artinya kesopanan atau kehormatan dalam bahasa Melayu pantun yang artinya quatrain yaitu sajak berbaris empat dengan rima a-b-a-b, sedangkan dalam bahasa sunda, pantun yang artinya cerita panjang yang bersanjak dan diiringi dengan musik.

Menurut Surana “2010:31”

Menurut Surana “2010:31” menyatakan bahwa pantun ialah sebuah bentuk puisi lama yang terdiri atas empat larik, yang berima silang “a-b-a-b”, larik pertama dan kedua disebut dengan sampiran atau bagian objektis, yang biasanya berupa sebuah lukisan alam atau hal apa saja yang dapat diambil sebagai suatu kiasan, larik ketiga dan keempat dinamakan isi atau bagian dari subjektif.

Jenis-Jenis Pantun

Ada beberapa jenis-jenis pantun yang diantaranya yaitu:

Berdasarkan Siklus Kehidupan Atau Usia

  • Pantun anak-anak yaitu salah satu jenis pantun yang berhubungan dengan suatu kehidupan masa anak-anak. Pada pantun anak-anak dapat bermakna sebuah suka cita ataupun duka cita.
  • Pantun Orang Muda yaitu salah satu jenis pantun yang masih berhubungan dengan sebuah kehidupan masa muda. Pantun orang muda memiliki makna tentang sebuah perkenalan, asmara, perasaan dan sebagainya.
  • Pantun Orang Tua yaitu salah satu jenis pantun yang berhubungan dengan sebuah keadaan pada masa tua, yang biasanya pantun ini akan membahas mengenai sebuah kebudayaan, agama, nasihat dan sebagainya.

Berdasarkan Isinya

  • Pantun Jenaka yaitu jenis pantun ini yang berisikan tentang suatu hal yang lucu serta menarik.
  • Pantun Nasihat yaitu salah satu jenis pantun yang berisikan mengenai suatu nasihat, pantun ini memiliki tujuan untuk mendidik dengan memberikan berbagai sebuah nasihat mengenai moral, budi perkerti dan sebagainya.
  • Pantun Teki-Teki yaitu salah satu jenis pantun yang berisikan tentang sebuah teka-teki dan bisanya pendengar diberi kesempatan untuk menjawab dari sebuah teka-teki pantun tersebut.
  • Pantun Kiasan yaitu jenis pantun ini yang berisikan mengenai sebuah kiasan yang biasanya memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu hal yang secara tersirat.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Pengertian Pantun Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to 10 Pengertian Pantun Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap
Shares